Tentang beran berproses

Growth mindset itu penting kah ?

Jika iya, mengapa itu penting ?

Kalau penting aku harus ngapain?

Kalau sudah melakukan, apa aku ini udah growth mindset ?

Menurut pengertian terlebih dahulu Growth Mindset adalah pola pikir bahwa kemampuan paling dasar yang mereka miliki dapat dikembangkan dengan suatu proses dedikasi dan kerja keras, otak dan bakat adalah suatu awal.

Jika ngomongin penting apa nggak, kita coba beranalogi aja. Analogikan kita punya robot, robot A udah kita program untuk memiliki kemampuan bisa menari, robot B kita program jadi robot AI yang bisa belajar adaptasi dari lingkungan dan learning hal-hal baru dari yang diamati.

Sudah dapat dipastikan untuk awalnya pasti robot A soal menari akan lebih jago, namun karena si robot B adalah pembelajar bisa jadi di suatu titik robot B lebih unggul daripada robot A.

Manuasia pun diciptakan memiliki akal sehingga memiliki kecerdasaan lebih dari mahluk lainnya.

Semestinya kita percaya bahwa kita bisa melebihi kemampuan yang kita miliki saat ini dengan belajar, esekusi dan memperbaiki.

Kalau kita percaya bahwa kepintaran atau kemampuan itu sesuatu yang sudah diberikan, maka kita tak ayal seperti si robot A.

Mau jadi robot statis yang bakal usang ditinggal jaman?

kalau nggak mau. Coba deh berubah dan melakukan langkah-langkah dibawah ini agar jadi GROWTH MINDSET.

Sedikit “Copas” dari tulisan mas Kevin di sini.

Step 1 .

Nah, apakah kalian sudah menemukan cara belajar yang paling efektif untuk diri kamu? Jika kamu sudah mengetahuinya kamu akan sangat mudah untuk belajar hal-hal baru dan menjadi orang yang lebih berkembang dari sebelumnya lho. Untuk mengetahuinya kamu bisa mengisi assessment ini

Step 2.

Ketahui sifat-sifat Growth dan Fix Mindset , kalau kamu udah tahu sifat-sifatnya, bakal lebih gampang untuk kamu melakukan evaluasi di dalam dirimu, apakah kamu udah Growth mindset atau masih fix mindset di suatu kondisi.

Step 3.

Self Talk, sering melakukan self talk dimana kamu berbicara dengan pikiranmu, penuhi pikiranmu dengan hal-hal yang positive, afirmasi dirimu dengan mensyukuri hal yang telah kamu dapatkan, penting memenuhi pikiranmu dengan hal tersebut karena dalam proses GROWT MINDSET dibutuhkan keberanian untuk melakukan sesuatu yang baru dan memungkinkan terjadi kegagalan. Maka kegagalan itu harus bisa dipahami dengan bijak oleh dirimu.

Step 4.

Selain itu kamu harus belajar untuk menerima dan bertindakan atas setiap kritikan untuk dirimu. Karena dengan menerima setiap kritikan dan menanggapinya secara positif kamu bisa melakukan improvement untuk diri kamu dan bisa menjadi pribadi yang selalu berkembang. Untuk mempelajarinya lebih dalam kamu bisa mempelajarinya di artikel ini

Step 5.

Goals, dengan membuat goals yang menantang untuk dicapai kamu akan mendapatkan motivasi di dalam diri kamu sendiri untuk terus belajar dan mencoba untuk mencapai goals tersebut.

Dan yang paling penting sebelum mencoba untuk merubah diri untuk Growth mindset atau lebih growth mindset yang harus kalian ketahui adalah Self Awarness. Setelah kamu aware atas dirimu maka proses perubahan akan bisa dilakukan karena kamu tahu mana yang wort it untuk dirimu dan kelebihan apa yang kamu miliki untuk mendukung proses dalam perubahaanmu.

Selamat Berproses

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!