Artikel Kesan Setelah Mengikuti Course “How to Set Goals and Become Incredible” di Udemy

Kesan yang saya dapatkan setelah mengikuti couse di Udemy dengan nama kelas “How to Set Goals and Become Incredible” adalah saya mendapat tambahan wawasan tentang betapa pentingnya bagi kita untuk menentukan goal atau tujuan. Tujuan tersebut awalnya didapatkan dari sekedar bermimpi. Bukan hanya mimpi kecil tetapi harus mimpi yang besar. Dimulai dari mimpi yang besar maka kita akan mendapat tujuan dalam hidup. Dari tujuan untuk menggapai mimpi tersebut dibagi menjadi beberapa objektif lebih kecil supaya kita lebih mudah untuk mencapai tujuan tersebut. Tentunya objektif tersebut harus berada dalam konsep dan pemahaman yang sudah kita ketahui.

Perbedaan orang-orang yang mempunyai mimpi dan orang yang tidak mempunyai mimpi terlihat sangat jelas dimana orang yang mempunyai mimpi terutama mimpi yang besar cenderung memiliki sifat ambisius dan visioner karena dia ingin menggapai impiannya. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki mimpi yang cenderung pemalas karena dia tidak mempunyai tujuan dalam hidupnya. Orang dengan tipe ini biasanya hanya akan mengikuti arus dan tidak berani untuk berbuat hal yang berbeda.

Menurut pengajar pada kelas tersebut, goal atau tujuan yang akan kita capai harus memenuhi kriteria SMART atau specific, measureable, achievable, realistic, time sensitive. Kriteria specific adalah kita diharuskan untuk menetapkan tujuan yang spesifik dan tidak ambigu agar kita dapat membayangkan hal apa saja yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Kriteria measureable adalah tujuan yang akan kita capai harus bisa dihitung atau harus masuk akal agar kita bisa mengevaluasi diri kita apakah bisa mencapai tujuan tersebut. Kriteria achievable adalah memastikan bahwa tujuan yang akan kita gapai merupakan tujuan yang bisa dicapai dalam artian bisa dicapai oleh kita selaku manusia. Kriteria realistic adalah memastikan bahwa tujuan tersebut dapai kita capai dalam jangka waktu tertentu dan dengan bahan serta pemahaman yang kita ketahui. Yang terakhir adalah kriteria time sensitive yaitu agar kita selalu terpacu untuk segera menggapai tujuan kita. Dari kelima kriteria tersebut diharapkan tujuan kita akan lebih mudah untuk tercapai.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.