Setelah mengikuti sharing session di https://gameplay.beon.co.id/courses/sharing-session-growth-mindset/ pasti sudah paham dong sama yang namanya growth mindset.

Berbeda dari fixed mindset yang membuat orang menjadi gampang menyerah dan cenderung menyalahkan kelemahan terhadap dirinya, growth mindset berarti sebaliknya. Jika kamu menerapkan growth mindset, kamu pasti mampu berpikir positif tentang kemampuan yang kamu miliki dan membuatmu tidak mudah menyerah. Dengan begitu kamu mampu memperbaiki diri dengan melihat sisi kelemahan yang ada dalam diri karena kemampuan yang ada dalam diri bersifat dinamis yang artinya bisa berubah atau diperbaiki dengan usaha yang baik pula.

Berikut ini kutipan dari Carol Dweck, Profesor Psikologi dari Universitas Stanford:

“Melalui penelitian sistematis selama lebih dari tiga dekade, [Carol Dweck] telah mencari tahu jawaban mengapa sebagian orang mencapai potensinya sedangkan sebagian lainnya yang sama-sama berbakat justru tidak–mengapa sebagian menjadi Muhammad Ali dan yang lainnya menjadi Mike Tyson. Ia menemukan kuncinya bukanlah kemampuan; ini berkenaan dengan cara kamu memandang kemampuan sebagai sesuatu yang melekat yang perlu ditunjukkan atau sebagai sesuatu yang dapat dikembangkan.”

Dengan memahami growth mindset maka akan berdampak kepada pribadimu sehingga rintangan tidak akan menjadi pantangan, kegagalan merupakan sebuah pembelajaran bagimu, dan kamu percaya bahwa kamu akan menang. Upaya yang kamu keluarkan tidak akan pernah kamu pandang sebagai hal yang sia-sia dengan begitu kamu mampu untuk dituntut lebih berusaha.

Kritikan yang didapat juga bukanlah suatu masalah, justru mampu digunakan sebagai sumber informasi ke arah perbaikan yang lebih baik. Kritik atau umpan balik yang negatif tidak perlu dirasakan sebagai sesuatu yang menyakitkan. Kesuksesan yang didapakan oleh orang lain juga seharusnya menjadi inspirasi bagi kamu.

Jika kamu masih memiliki pola pikir fixed mindset, lakukan usaha untuk merubahnya. Dengan merubah pola pikir maka kamu dapat merubah hidup. Semangat!  

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!