Apa sih perbedaan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya? Kalau persamaannya sih sama-sama terbentuk dari dua unsur, yaitu jasmani atau fisik dan rohani yang lebih tepatnya adalah ruh. Nah yang membedakan manusia adalah adanya tiga unsur lain yang terbentuk dalam ruhnya, berbeda dengan hewan yang hanya dibekali hawa nafsu dalam ruhnya. Tiga unsur tersebut adalah IQ (Intelligence Quotients), EQ (Emotional Quotients), dan SQ (Spiritual Quotients). Ketiga unsur tersebut harus mempunyai komposisi yang balance dalam diri seorang manusia, seperti yang dijelaskan dalam sharing session di https://gameplay.beon.co.id/courses/sharing-session-find-your-purpose-inspiring-and-positive-work/

Aku rasa penjelasan dari sharing session tersebut sudah sangat jelas bagaimana kita harus mengelola tiga unsur tersebut. Kali ini aku mau bahas dua sikap yang juga berhubungan dengan unsur tersebut yaitu prinsip teguh dan keras kepala yang terkadang sulit untuk di identifikasi. Orang berprinsip teguh selalu membangun hidupnya diatas dasar kebenaran. Berbeda dengan ketika yang dipegang adalah prinsip atas dasar hal yang aku anggap benar. Hal ini akan berimplikasi dengan sikapnya yang akan memiliki hati yang keras dan tidak mudah menerima setiap koreksi, dimana seharusnya seorang yang berprinsip teguh memiliki pribadi yang mudah diajar dan mudah berubah seiring dengan lingkungan yang ada.

Dengan prinsip teguh seharusnya seorang manusia akan menginspirasi orang lain dan bisa membangun banyak orang. Akan banyak orang yang menaruh tanggungjawab dan kepercayaan kepadanya karena integritas yang sudah dibangun dari dalam diri. Sedangkan bagi orang yang keras kepala ini akan berlaku sebaliknya. Prinsipnya yang keras kepala akan menjadikannya sulit dipercaya oleh orang lain karena cenderung selalu berusaha mencari pengakuan dan penerimaan dari orang lain.

Nah hati-hati ya sob, jingin simpi kitikir! Mending berprinsip teguh daripada keras kepala. ok   

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!