Hidup bersih sudah pasti sudah dilakukan oleh semua orang, tetapi bersih saja belum tentu efektif dan efisien. Maka, mari berkenalan dengan metode KonMari.

KON-MARI-SHjpg-1200x628.jpg

KonMari merupakan sebuah metode decluttering (istilahnya beres-beres) karya Marie Kondo, seorang konsultan kerapian dan penulis buku asal Jepang. Satu rumus utama yang patut diingat selama Anda menjalankan metode ini adalah: simpan barang-barang yang Anda sukai dan membuat Anda merasa bahagia. Sisanya? Singkirkan!

Walau terlihat sederhana tetapi setelah di coba dan diterapkan metode ini sangat efektif dan efisien dalam penataan barang-barang yang ada di rumah.

Tujuan dari penggunaan metode konmari yaitu mempercepat proses beres-beres dan mempermudah dalam proses pencarian barang kembali.

5b2d1d209b047cb23b318a89f0ec2d4d.jpg

Sekarang aku bagikan gimana cara menjalankan metode konmari ini

 

  • Kumpulkan Berdasarkan Kategori

Kategori dibuat untuk memudahkan dalam mengumpulkan barang-barang yang sejenis. Setelah kategori di buat keluarkan semua barang-barang yang ada pada suatu tempat, kemudian pilah barang-barang itu sesuai kategori yang kamu buat seperti kaos, celana panjang, celana pendek, kemeja dsb.

  • Lipat Dengan Metode Konmari

Salah satu ciri khas metode konmari adalah seni melipat pakaian agar lebih mudah, simple, dan rapi.

  • Susun Barang Dengan Kotak

Setelah semua terkumpul sesuai kategori, kemudian letakkan masing-masih di tempat yang sudah kamu siapkan seperti lemari kotak, kardus dsb.

Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dalam menata barang-barang yang ada di rumah. Saya sudah mencoba menerapkan metode di atas dan hasilnya penataan lebih rapih, terlihat bersih dan mudah ketika mencari barang kembali.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!