Zona nyaman, pasti sudah mengerti dong apa itu zona nyaman? Ya, zona nyaman adalah zona dimana kamu merasa nyaman, rendah resiko, tanpa kekhawatiran berlebih. Zona nyaman adalah sebuah hambatan untuk seseorang menjadi berkembang, kenapa? Karena mereka sudah merasa aman dan tidak akan mendapatkan resiko yang lain. Percayalah, zona nyaman akan membunuhmu perlahan.

Sudah siap untuk keluar zona nyaman?

Untuk keluar dari zona nyaman, kamu harus percaya diri terlebih dahulu. Percaya bahwa kamu bisa berkembang, percaya bahwa kamu bisa. Perlu diketahui, keluar dari zona nyaman akan membuatmu merasa benar-benar takut karena semua kenyamanan dan keamananmu akan hilang. Setelah keluar dari zona nyaman, kamu harus siap segala bentuk tantangan. harus siap segala bentuk pembelajaran. Jadi, inti dari ini semua adalah percaya diri.

Setelah berhasil menghadapi rasa takut dan memunculkan rasa percaya diri, kita harus memulai untuk menanamkan kedalam pikiran kita bahwa semua yang akan dihadapi adalah sebuah pembelajaran untuk masa depan dan apapun yang terjadi di masa mendatang tergantung dari apa yang kita lakukan di masa sekarang. Dengan menanamkan pola pikir seperti itu, kita dapat menentukan apa saja yang harus diraih kedepannya, keterampilan dan keahlian apa yang harus dikuasai.

Growth Mindset

Jika beberapa hal diatas sudah berhasil dilakukan, maka saatnya untuk mengubah cara berfikir. Pola fikir sangat berpengaruh terhadap bagaimana kita kedepannya. Jangan pernah menanamkan pola pikir seperti :

  • Saya tidak bisa
  • Terlalu sulit untuk saya
  • Saya menyerah
  • Saya tidak bisa lebih baik lagi
  • Hasil seperti ini kan sudah bagus, masa belum cukup?

Pola berfikir seperti diatas akan hanya membuat kita tetap berada pada zona "ya gitu-gitu aja" yang tidak akan membuat kita keluar dari zona nyaman.

Segala bentuk pola pikir negatif bisa dirumah menjadi pola pikir positif yang akan membawa perubahan lebih baik pada diri kita.

  • "Saya tidak bisa" dirubah menjadi "Saya akan berusaha sebaik mungkin".
  • "Saya menyerah" dirubah menjadi "Saya akan mencoba cara lain".

Dengan merubah pola pikir menjadi positif, apapun tantangan dan rintangannya pasti ada jalannya. Sejujurnya, saya sebagai penulis artikel ini juga tidak mengerti sama sekali mengenai cara menulis artikel yang baik dan benar, tetapi dengan menghilangkan rasa takut untuk mencoba dan percaya diri saya bisa melakukannya. Sebenarnya, zona nyaman tidak akan membunuhmu, tapi mau jadi apa kalau tidak keluar zona nyaman? Come on, kita bisa lebih baik.

Terimakasih sudah membaca, stay positive!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About Bryan Aulya Achmad Istighfara