Berapa barang yang anda punya ? tentu saja banyak bukan ? dan apakah barang – barang tersebut terpakai semua ? tentu saja tidak semua. Karena banyaknya barang yang kita miliki tentu saja kita bingungg untuk menatanya agar terlihat rapi ? solusi yang terbaik adalaha dengan cara Konmari.

Pengertian Konmari

Konmari adalah metode beres – beres yang dibuat oleh Marie Kondo. Siapa itu Marie Kondo ?. jadi Marie kondo adalah seorang konsultan kerapian di Jepang, ia membuat buku “The Life-Changing Magic of Tidying UP”. Buku ini berisi tentang pentingnya beres – beres jika kita terapkan dengan baik dan benar maka kita mendapatkan perubahan.

1441690861

Hal hal apa saja yang deperhatikan dalam menerapkan Konmari ini ?

1.     Bersihkan dalam sekali waktu

Agar bisa dikerjakan dalam sekali waktu hal yang dilakukan pertama adalah menyeleksi barang – barang yang dimiliki setelah selesai lanjut merapikan barang – barang yang sudah terseleksi Kembali ke tempat asal. Lakukan hal itu dalam sekali waktu tanpa penundaan

 

2.     Bersihkan berdasarkan kategori

Setelah melakukan penyeleksian barang tersebut bisa dikelompokkan berdasarkan kategori yang sama contohnya untuk pakaian bisa dibedakan mulai dari atasan, bawahan, aksesoris, sepatu hingga pakaian acara.

 

3.     Simpan barang yang memancarkan kebahagiaan

Dalam prinsip metode konmari adalah "Choose the things that sparks joy when you touch it." yang memiliki makna pilihlah barang yang membuatmu bahagia pada saat menyentuhnya dan apabila tidak merasakan bahagia maka kamu harus merelakan barang tersebut pergi.

 

4.     Mencoba berdamai dengan barang yang memiliki makna

Maksud dari hal diatas adalah jika barang yang kamu simpan tidak memberikan kebagiaan untuk kita lalu untuk apa kita menyimpan barang tersebut ? kita tidak perlu merasa bersalah apabila harus merelakan barang itu pergi karena tidak menyimpan kenangan yang menyenangkan.

 

5.     Jangan gantung semua, tapi lipatlah

Agar terlihat rapi pakaian bisa dilipat dan diletakkan dilemari agar tidak semua pakaian digantung. Dalam buku kondo berpesan bahwa untuk menggantung pakian yang memang akan merasa bahagia jika digantung, karena tidak semua pakaian cocok untuk kita lipat di dalam lemari.

Contoh penerapan Konmari

Metode konmari ini sudah saya coba pada saat merapikan alas kaki, sebelum saya menerapkan konmari karena rak sepatu dirumah selalu berantakan dan tercampur antara sepatu dengan sandal maupun sepatu gunung dan itu pun semua tercampur antara yang masih baik dengan yang sudah rusak.

Tetapi setelah menerapkan konmari saya bisa merasakan perbedaan rak sepatu saya lebih rapi dan untuk berpergian saya juga lebih mudah karena tidak bingung untuk mencari sepatu, sandal maupun sepatu gunung karena ditata berdasarkan kategori dan kita bisa mngetahui juga barang yang bisa dipakai mana saja.

Jadi itu tadi yang saya dapatkan dari sharing session metode konmari, Terima kasih semoga bermanfaat

 

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!