Do Clean Bersama Konmari

Prajna Paramitha Rahardjo

Kalian tahu tidak sih?

kalau kebersihan merupakan bagian dari iman? Bukan berarti orang yang tidak bersih tidak beriman ya! Kebersihan merupakan sesuatu hal yang concern untuk di bahas belakangan ini. Masih banyak diantara kita yang sering kali mengabaikan kebersihan. Faktanya 3 dari 10 orang Indonesia memiliki ruangan kamar yang berantakan. Kebayang tidak sih kalau kita tinggal di ruangan yang kotor dan sangat berantakan, pasti risih banget ya.

Berkat berkembangnya teknologi dan informasi kini, membuka peluang kita di dalam hal research. Karena hasil research tersebut, terbentuklah suatu metode sederhana yaitu metode Konmari (Berbenah Menentukan Arah). Menurut survey yang dilaksanakan oleh Konmari di bawah.

Dari 100 benda hanya 20 yang terpakai.

1 dari 9 wanita terlambat kerja karena bingung memilih pakaian di Pagi hari

3680 jam manusia terbuang untuk mencari barang.

 

Cara dan Prinsip Bebenah Konmari

Adalah bebenah secara total 1 kali dirumah untuk memicu kegembiraan di sekitarnya. Prinsip menurut Konmari dapat dilakukan dengan, sort by category, sort things that sparks joy, semua benda ada tempatnya dan bebenah cukup sekali. Tidying Festival merupakan salah satu bentuk penerapan yang dapat dilakukan dengan, mengsortir sampai tuntas tanpa ampun dan fokus pada apa yang anda simpan.

Nilai Suatu Barang?

Nilai sebuah barang dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu, fungsinya, informational, sentimental (menyentuh perasaan), rarity (keanehan). Kita dapat bebenah barang dengan mengelompokkan barang tersebut seperti, pakaian, buku, kertas, pernak-pernik dan memento (benda sentimental).

Berikut urutan bebenah Konmari:

  • Komunikasi ke anggota keluarga.
  • Ajak anggota keluarga bekerja sama.
  • Kurangi sampai terasa enak.
  • Sediakan rumah untuk barang anda.

Setelah kita belajar mengetahui Konmari ini, kita dapat menerapkannya di dalam kehidupan. Sekarang, kalau ruangan kita sudah bersih pasti lebih semangat bukan dalam melakukan aktivitas apapun.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!