Hai Sob ! Tak kenal maka tak sayang, kenalin aku Rara. Disini aku akan bahas tentang cara menemukan tujuan hidup. Pasti banyak yang bingungkan kita selama ini melakukan ini tujuannya apa sih, sebenarnya aku nanti kalau udah besar mau jadi apa atau mau ngapain. Menemukan tujuan hidup itu gampang, kenapa gampang ? Soalnya ada trikya wkwk. Oke aku akan kasih tau trik – triknya.

1. Tentukan apa yang benar-benar ingin kamu capai. Ajukan beberapa pertanyaan berikut kepada diri sendiri, misalnya “Apa yang ingin aku berikan kepada keluargaku/komunitasku/kehidupanku?” atau “Bagaimana caranya agar aku bisa lebih berkembang lagi?” Pertanyaan-pertanyaan ini bisa membantu kamu menentukan tujuan.

2. Tentukan prioritas. Bagilah tujuan kamu menjadi tiga tingkat: pertama, kedua, dan ketiga. Tujuan tingkat pertama adalah tujuan yang paling penting bagi kamu dan biasanya lebih mudah ditentukan. Tujuan tingkat dua dan tiga adalah tujuan yang tidak terlalu penting dan sifatnya lebih terbatas atau spesifik. Sebagai contoh, tujuan tingkat pertama kamu misalnya “memperbaiki kesehatanku” atau “memberikan lebih banyak waktu untuk keluargaku”. Tujuan tingkat dua misalnya “menjaga kebersihan kamarku, belajar berselancar” dan tujuan tingkat tiga mungkin “belajar merajut, mencuci baju lebih teratur”

3. Tentukan tujuan secara spesifik. Ajukan pertanyaan kepada diri sendiri tentang tujuan kamu. Apa yang harus kamu lakukan agar tujuan kamu bisa tercapai? Siapa yang bisa membantu kamu? Kapan setiap tahapan dari tujuan kamu harus sudah tercapai?

4. Tentukan tujuan yang realistis. Tujuan Anda yang paling konkret dan spesifik tidak akan pernah bisa tercapai jika yang kamu inginkan adalah “membeli apartemen 3 kamar di daerah Menteng di Jakarta” sementara kemampuan kamu lebih sesuai untuk “membeli apartemen studio di daerah Dramaga di Bogor”. Sesuaikan tujuan kamu dengan kenyataan yang ada. Boleh saja kamu mempunyai cita-cita yang tinggi, tetapi kamu harus tahu dengan tepat apa yang perlu kamu lakukan agar bisa mecapainya.

5. Cari tahu apakah ada rintangan. Tidak ada seorang pun yang mau memikirkan kegagalan pada saat mereka sedang merencanakan kesuksesan. Bagaimanapun juga, mencari tahu potensi masalah dan cara kamu menghadapinya sangatlah penting dalam mencapai tujuan kamu. Jika tidak, kamu tidak siap jika tiba-tiba muncul rintangan. Rintangan bisa berasal dari luar. Contohnya, jika tujuan kamu adalah membuka toko mobil yang baru, pada awalnya mungkin kamu belum punya cukup uang untuk membeli toko. Jika tujuan kamu adalah membuka toko roti, mungkin kamu tidak bisa lagi menyediakan cukup waktu untuk keluarga kamu.

Gimana masih bingung kah menentukan tujuan hidup kalian setelah tau triknya. Pasti nggak lah ya, aku yakin kalian semua pasti akan bisa meraih apa yang menjadi tujuan kalian jika kalian bisa bersungguh sungguh dalam meraih nya. So, semangat jangan pernah menyerah ya. Bye bye !

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!