Terkadang atau mungkin sangat sering, kita akan kesulitan menemukan suatu barang di saat kita membutuhkan barang itu. Bahkan lupa tentang barang yang kita taruh 5 menit sebelumnya. Yaps, itu adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Ditambah dengan kondisi yang terburu-buru dalam mencari barang yang diperlukan, maka barang tersebut akan hilang “tiba-tiba”.

Kondisi-kondisi tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan metode berbenah (decluttering). Metode ini mempunyai hanya akan menyimpan barang-barang yang sering digunakan dan mereduksi barang-barang yang tidak diperlukan. Terdapat banyak metode decluttering seperti konmari, five item rule, the four box method, dan metode-metode lainnya yang dapat ditemukan di sini.

Namun, saya akan membahas metode decluttering konmari yang telah saya pelajari pada sharing session ini. Apa sih konmari? Konmari itu suatu metode berbenah berdasarkan kategori barang tersebut, bukan berdasarkan lokasi barang. Barang-barang yang disimpan pada metode konmari adalah barang-barang yang memicu kegembiraan di sekitarnya, sedangkan barang yang tidak memicu kegembiraan akan direduksi.

Terdapat empat prinsip konmari, yaitu:

  1. Mengurutkan berdasarkan kategori
  2. Memilih barang yang memicu kegembiraan
  3. Semua benda yang akan dibenahi ada tempatnya
  4. Berbenah hanya sekali

Kategori yang bagaimana sih yang dimaksud konmari? Jadi…Terdapat lima kategori pada metode konmari, yaitu:

  1. Pakaian
  2. Buku
  3. Kertas atau dokumen
  4. Komono (pernak-pernik)
  5. Memento (benda sentimental)

Mungkin yang perlu diperhatikan, setelah mengurutkan suatu barang dan menyortirnya berdasarka barang yang dapat memancarkan kegembiraan, maka jangan lupa untuk menyiapkan suatu tempat atau kardus atau wadah yang nantinya digunakan untuk menyimpan benda-benda yang menurut kita sudah tidak digunakan lagi.

Metode konmari ini sudah saya coba terapkan pada meja yang di kost saya. Hasilnya? Ya lebih teratur, lebih banyak space, dan nggak “sumpek” lagi ketika ngerjakan suatu hal di meja.

Mungkin yang paling penting menurut saya, yaitu ketika mencari suatu barang dalam kondisi buru-buru, barang tersebut nggak akan “tiba-tiba hilang” karena memang sudah dibenahi berdasarkan kategori. Kecuali memang punya kebiasaan suka naruh barang sembarangan hehehe, ya berarti kebiasaannya yang perlu dibenahi dulu ?.

Nah, itu tadi yang saya dapatkan dari sharing session metode konmari. Terima kasih banyak ?

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!