Mindset atau pola pikir merupakan sesuatu yang pasti dimiliki oleh setiap manusia dan berbeda-beda. Mindset atau pola pikir adalah sekumpulan set atau rangkaian pemikiran yang membentuk kebiasaan berpikir dari individu. Jika kita kerucutkan lagi sebenarnya ada 2 jenis basic mindset yang dimiliki setiap orang yaitu fixed mindset dan growth mindset.

Sebenarnya saya juga tidak bisa menentukan saya memiliki mindset yang mana. Karena untuk merubah dari fixed mindset ke growth mindset tidak bisa dilakukan dalam sehari, dan sama seperti kita belajar itu harus dilakukan berulang kali dan terus berlatih. Selain itu kita juga harus mencari cara baru atau strategi baru untuk secara perlahan beralih ke growth mindset.

Dari tadi kita ngomongin fixed mindset dan growth mindset, sebenarnya apa sih fixed mindset dan growth mindset itu?

Fixed Mindset dapat diartikan sebagai pola pikir tetap, adalah mereka yang menganggap kecerdasan, kemampuan, dan kualitas mereka merupakan hal yang sudah tetap dan tidak perlu dikembangkan lagi. Pada fixed mindset kemampuan kita akan terbatas dan kita sebenarnya kita sendiri yang membatasinya.

Growth Mindset dapat diartikan sebagai pola pikir berkembang dan mereka meyakini bahwa kemampuan dan kecerdasan mereka dapat berkembang seiring waktu dibantu dengan usaha serta ketekunan yang kuat. Mereka yang memiliki pola pikir ini sangat paham akan potensi diri mereka dan akan berusaha untuk terus belajar dan mengembangkan.

Pengalaman pribadi saya..

Sebagai freelancer IT saya harus terus mengembangkan kemampuan diri saya. Karena ketika saya terjun kerja di lapangan secara langsung mau tidak mau saya harus mengerahkan sepenuhnya. Apa yang saya bisa dan mampu akan saya kerjakan, sedangkan hal baru dan belum saya kuasai akan saya pelajari dengan cepat. Dunia IT berkembang sangat cepat, maka sangat penting juga bagi kita yang berkecimpung di dunia IT untuk menerapkan perilaku agile dan memiliki pola pikir growth mindset. Tidak mungkin bagi saya untuk menolak ketika ada task dari klien dan itu sesuatu yang belum pernah saya kerjakan. Sebisa mungkin saya akan menjawab “saya akan kerjakan”, dan ketika saya merasa tidak mampu maka saya akan segera mempelajarinya. Apalagi dengan adanya internet, semua yang kita inginkan akan tersedia instan. Sebagai tenaga IT kita dituntut untuk terus belajar sesuai dengan bidang kita masing-masing.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About Lourensius Dani Anggara Putra