Apasih sebenernya mindset itu ? kali ini saya akan jelaskan pengalaman saya setelah menonton sharing season tentang Growth Mindset dan Fixed Mindset.

Growth Mindset

Mindset berkembang (growth mindset) ini didasarkan pada kepercayaan bahwa kualitas-kualitas dasar seseorang adalah hal-hal yang dapat diolah melalui upaya-upaya tertentu. Meskipun manusia mungkin berbeda dalam segala hal, dalam bakat dan kemampuan awal, minat, atau temperamen setiap orang dapat berubah dan berkembang melalui perlakuan dan pengalaman.

Ciri – ciri orang growth mindset adalah :

  1. Menerima tantangan dan bersungguh – sungguh
  2. Selalu Optimis
  3. Belajar dari kritik an orang lain

Fixed Mindset

Sedangkan fixed mindset ini adalah kebalikan dari growth mindset , yang dimana pola pikir ini selalu ke negatif dan psimis.

Ciri – ciri orang berpola pikir fixed ini adalah :

  1. Mudah menyerah tidak suka tantangan
  2. Merasa terancam oleh kesuksesan orang lain
  3. Memandang usaha yang dilakukannya sia – sia dan tidak penting

Nah dari sini kita bisa menyimpulkan ya teman – teman 😀 . Jangan jadi orang yang berpola pikir Fixed yaa .. Karena itu akan merugikan kalian. Berpikir positif itu perlu agar kita tak sia – sia dalam berusaha. Jadi ayo kita ubah mindset kita menjadi Growth mindset agar menjadi orang yang berguna dan mempunyai tujuan hidup . Kenapa ? ya karena itu kita selalu berusaha dan terus berusaha meskipun banyak rintangannya.

Semua tidak ada yang tidak mungkin untuk berubah jika kita mau merubahnya.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!