Source: https://miro.medium.com/max/833/1*PQBc8JCD5yu4x2wxCCGU1g.png

Sharing session bersama Bapak Firdaus Albert Audrey. P.si sangat membuka pikiran sekali. Hm.. seperti gambar diatas kalian tau kan perbedaan Growth Mindset dan Fixed Mindset? Yap betul sekali Growth Mindset itu seperti namanya yaitu pola pikir yang berkembang sedangkan Fixed Mindset berkebalikan dengan pengertian Growth Mindset..

Terus apa bedanya ? Jadi bedanya itu seseorang dengan Growth Mindset dapat mengembangkan terus pola pikir mereka dengan mengeksplore hal-hal baru untuk belajar sesuatu yang baru juga. Nah sedangkan Fixed Mindset mereka adalah seseorang yang tidak ada inisiatif untuk mengembangkan keahlian atau menerima apa yang ada di depannya saja.

Hmm begitu ya? Terus kalau untuk pencapaiannya sendiri bagaimana ? Hmm ok.. dengan pola mereka yang sudah berbeda tentu pencapainnya berbeda juga.. Growth Mindset mereka cenderung mengeluarkan effort yang besar sehingga apa yang diterima juga sebanding dengan usahanya. Begitu juga sebaliknya. Kalau kata Pak Firdaus title sekolah itu tidak penting.

Whatt? KO BISA?

Iya karena yang penting itu adalah proses belajarnya. Misalnya saja orang yang bersekolah tetapi disekolah hanya main-main saja, itu nanti otaknya tidak akan mengalami growth mindset tetapi fixed mindset. Nah berkebalikan dengan orang yang mungkin berhalangan untuk tidak sekolah tetapi mereka selalu belajar untuk menemukan sesuatu atau bisa dibilang sangat haus akan ilmu. Itu nanti outputnya dia lebih berkembang dibandingkan dengan yang bersekolah tetapi dengan Fixed Mindset.

Oiya kiat-kiat apa saja sih untuk mengubah Fixed Mindset biar bisa menjadi Growth Mindset?

Bagus sekali pertanyaannya, Nah kiat-kiat itu sendiri bisa dimulai dengan Focus dalam mempelajari sesuatu, Learning From Great People karena ini akan menambah pandangan baru yang tentunya sangat berdampak, setelah itu kalian bisa menerapkan ilmu dari belajar dengan orang yang berdampak atau disebut Learning by Doing, Ketika melakukannya teruslah melakukan perubahan yang mengarah atau Be Creative agar sesuatu yang kalian pelajari dapat berkembang, dan yang terakhir kalian ketika menjalani selalu dengan passion kalian agar maksimal hasilnya dan kalian tetap senang untuk melakukannya atau bisa disebut dengan Be Yourself and Be Happy.

Gimana ? Udah faham kan mengenai Growth Mindset dan Fixed Minset? Jadi yuk mulai mengubah fixed mindset kita menjadi growth mindset agar ilmu kita terus berkembang dan dapat bermanfaat buat yang lainnya.. eitss tapi kalian yang sudah merasa growth mindset semangat terus ya buat growth up nya ehe 🙂

Yuk Sharing dengan tulis komentar di bawah, karena #SharingisCaring hehe

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About Beon Angels

Angels tercantyc sekahyangan z:*