Dari sharing session ‘Growth Mindset’ yang dibawakan oleh Pak Firdaus, saya setuju dengan kalimat beliau yang mengatakan bahwa “Belajar tidak harus di sekolah. Belajar bisa dimana saja dan dari siapa saja,” Karena banyak orang-orang di luar sana yang expert dalam suatu hal dan dia hanya belajar secara otodidak.

Contohnya saja Kevin Pramudya Utama, pemuda asal Semarang yang kini bekerja di Jepang. Dia telah dikontrak oleh Adobe untuk membuat tutorial edit foto menggunakan Adobe Lightroom. Pemuda 23 tahun itu memang menyukai fotografi sejak dulu, kemudian dia mulai belajar untuk mengedit foto. Kevin banyak mengikuti kompetisi, sampai akhirnya dia kemudian menang dan mendapat tawaran kontrak dari Adobe.

I can’t agree more with Mr. Firdaus statement.

Selain itu, ada beberapa poin dari Pak Firdaus yang sudah saya catat yang bisa mengembangkan pola pikir kita. Pertama, BELIEVE you can do it. Kita harus yakin kalau kita pasti bisa melakukannya dengan baik.

Kedua, FOCUS. Konsentrasi dan pusatkan perhatian kita pada sesuatu yang sedang kita pelajari.

Ketiga, learn from great people. Belajar dari orang-orang yang hebat, sukses. Ketika kita banyak berinteraksi dengan orang-orang hebat, maka tanpa sadar pola pikir kita akan menjadi seperti mereka.

Keempat, learning by doing. Praktik! Lakukan! Pola pikir kita akan berkembang ketika kita bisa merealisasikan sesuatu yang sudah kita pelajari sebelumnya.

Kelima, be creative. Jangan lihat sesuatu dari satu sudut pandang saja. Tapi lihat suatu hal itu dari sudut pandang yang lain juga. Karena ketika menghadapi suatu permasalahan dan kita hanya melihatnya dari satu sisi saja, maka akan sulit untuk menemukan jalan keluarnya. Tapi ketika kita melihatnya dari berbagai sudut pandang, saya yakin jalan keluarnya pasti akan ketemu juga.

Keenam, BE YOURSELF. Ini penting, karena ketika kita ingin memiliki mindset seperti orang-orang hebat di sekitar kita bukan berarti kita harus menjadi copycat orang tersebut. Jadi dirimu sendiri!

WE SHINE IN OUR OWN WAYS

Mikrokosmos – BTS

Terakhir, BE HAPPY. Apa yang sudah kita pelajari, mindset yang kita bangun dengan baik, tidak akan berguna ketika kita tidak bisa berbahagia dengannya. Karena itu disela-sela kita belajar membangun mindset yang baik, jangan lupa untuk membahagiakan diri sendiri. Kebahagiaan itu tidak melulu tentang uang yang banyak loh! Bisa berkumpul dan bercanda ria dengan keluarga pun termasuk bentuk dari kebahagiaan itu sendiri.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!