Menyusun Goals yang Dapat Dicapai
Gambar by LinovHR

Hai semua! Ini adalah my first article di Gameplay Jagoan Hosting Indonesia. Saya ingin berbagi mengenai apa yang saya dapat setelah menyelesaikan Ecourse "How to Set Goals and Become Incredible" di Gameplay Jagoan Hosting Indonesia. Jadi pada artikel "Goal Anda Tidak Akan Tercapai jika Mengabaikan 5 Hal Berikut" membahas apa saja, langsung kita ke pembahasan cekidot.

Ketika anda membayangkan ingin jadi apa anda nanti atau anda berfikir ingin mendapatkan pencapaian tertentu, maka itulah yang disebut goal. Menurut KBBI, tujuan atau goal dapat diartikan sebagai sasaran yang ingin dicapai setelah mengajakan pokok yang sudah direncanakan. Itu artinya segala sesuatu yang kamu harapkan terjadi maka kamu bisa menganggapnya sebagai goal yang kamu buat.

 

Failure is not the great learning tool we all think it is | From the Grapevine
Menggapai Goals | Gambar by From The Grapevine

Tapi pada kenyataannya, banyak orang yang melakukan kesalahan ketika menyusun goal mereka. Tanpa mengenali kemampuan individu dan melakukan pendekatan yang lebih jauh, orang-orang cenderung membuat goal seakan mereka pasti dapat menggapainya. Sehingga pada saat ini banyak orang yang meremehkan mimpi orang lain, karena pada mindset mereka tentang membuat goals yang terukur masih kurang dan berakhir dengan memberi stigma buruk bagi orang-orang yang ingin menggapai goals mereka.

 

Jadi pada artikel ini, saya akan berbagi bagaimana cara untuk menyusun goal sesuai kemampuan anda, sehingga dapat terealisasikan dengan lebih pasti. Berikut tahap-tahap yang harus diperhatikan ketika menyusun goals anda :

 

Specific Goal

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tetapkan tujuan yang benar-benar spesifik. Hindari penyusunan goals yang terlalu umum dan kurang mendetail. Tentukan apa tujuan anda, kapan tercapainya, sesuaikah dengan kemampuan anda saat ini, dan bagaimana cara menggapainya. Saat anda memiliki tujuan yang lebih spesifik, maka anda memiliki kesempatan lebih besar untuk mencapainya dibandingkan tujuan yang masih bersifat umum.

 

Measurable

Apabila tujuan yang spesifik sudah tersusun, maka langkah selanjutnya adalah mengukur faktor-faktor keberhasilan dari tujuan. Apakah kita bisa melihat bahwa kondisi saat ini sudah dekat atau ternyata kita masih jauh dari tujuan tersebut. Guna dari adanya Measurable juga untuk melihat dan menentukan langkah selanjutnya dari fakta-fakta yang sudah ada.

 

Achievable Goal

Kamu juga perlu mengetahui bahwa target yang telah kamu tentukan harus dapat dicapai (Achievable) artinya target ini tidak boleh terlalu mudah, tetapi juga tidak boleh terlalu sulit. Dengan adanya targer yang achievable ini, kamu dapat menilai apakah tujuan yang telah kamu buat tersebut dapat dicapai atau tidak dengan kondisi kamu saat ini. Apabila tidak, maka kamu bisa menetapkan langkah-langkah untuk melakukan pendekatan lainnya.

 

Realistic

Target yang realistic, dalam menyusun target tempatkan segala kemungkinan yang bisa kamu kerahkan tetapi dalam catatan lakukan hal hal yang realistis untuk dibayangkan. Sebagai contoh kamu tidak bisa menjadi insinyur jika kamu adalah lulusan ekonomi, bisnis kamu tidak akan bisa untung ratusan persen jika kamu tidak sanggup menghadapi kerugian. Jadi pikirkan goal yang realistis dengan keadanmu sekarang dan lsusun langkah-langkah realistis juga agar goals kamu mudah tercapai.

 

Time Sensitive

Jika kamu memiliki tujuan yang matang dan langkah yang pasti, pastikan juga kamu menetapkan batas waktu dalam mencapai goal tersebut. Batas waktu ini haruslah yang realistis agar dapat terfokus dan kamu dapat membuat persiapan yang diperlukan secepat mungkin.

 

Demikian langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menyusun goal, dengan langkah S.M.A.R.T (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time sensitive) anda dapat menyusun goals yang sesuai dengan kemampuan anda, sehingga goal tersebut memiliki persentase keberhasilan yang lebih besar daripada orang yang tidak menyusun goal mereka. Mungkin itu saja dari saya bila ada salah penulisan atau masukan, silahkan tulis di kolom komentar.

Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Bye-bye!

 

Sumber : "How to Set Goals and Become Incredible" , Gunakan 5 Metode Smart Goals Untuk Menggapai Target Kamu! , 5 Hal Prinsip Smart Goal - Medium

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!