Skip to content

Jangan Pernah Berhenti Belajar

Fixed Mindset vs Growth Mindset

Fixed Mindset merupakan orang-orang yang berkeyakinan bahwa "cara saya adalah yang paling benar" tetapi hal itu tidak berarti hasrat terhadap citra diri yang positif lebih rendah dibandingkan orang lain. Tentu saja kita ingin tampil menarik dan terlihat pintar. Jadi pribadi yang memiliki pola pikir seperti ini, sering menghindari tantangan-tantangan dan terpaku pada sesuatu yang sudah diketahui saja, sesuatu yang bisa dilakukan dengan baik.

Growth Mindset  adalah orang-orang yang percaya bahwa kecerdasan dapat dikembangkan, otak disamakan seperti otot yang dapat dilatih. Hal ini mengarah pada perbaikan diri. Orang-orang ini juga bisa menciptakan umpan balik positif yang mendorong dirinya sendiri untuk tetap belajar dan melakukan perbaikan.

Jangan pernah berhenti belajar

Orang yang memiliki fixed mindset mungkin akan berlindung dibalik alasan-alasan, untuk menghindari 'belajar lagi'. Sementara orang yang memiliki growth mindset, berani untuk membuka diri terhadap hal-hal baru tetapi tidak malu juga untuk kembali belajar hal-hal lama. Dalam kehidupan sekarang ini, dengan teknologi yang semakin maju, kita dituntut untuk open minded. Terbuka terhadap segala kemungkinan, terbuka menerima tantangan, terbuka untuk ilmu yang baru. Volume otak kita mungkin kecil sehingga tidak dapat menampung semuanya. Sehingga kita harus membuang pikiran semua pemikiran yang tidak penting karena hal-hal penting saja tidak bisa disimpan semua di dalam kepala.

Dengan teknologi yang sudah maju, itu juga mempermudah kita untuk mengembangkan pemikiran kita juga. Semisal, kita tidak tau menau tentang satu hal kita bisa langsung mencari hal tersebut pada mesin pencari google. Sehingga, kita bisa terus belajar sekaligus mengupdate pemahaman kita sesuai perkembangan jaman. Terdapat istilah lebih baik merasa bodoh tetapi terus belajar dibandingkan merasa pintar tetapi berhenti belajar. Lebih baik melakukan kesalahan tetapi berkembang dibandingkan banyak pertimbangan sehingga menjadi kaku. Jangan pernah berpikir malu bahwa tidak seperti orang yang paham menyebutkan teori-teori asing. Bisa jadi, mereka hanya menghafal saja tapi tidak bisa mengimplementasikannya. Kita tidak perlu menjadi orang yang tau segala, namun kita cukup menjadi orang yang terbuka dengan perkembangan jaman dan hal-hal baru. Semua teori yang kita tau, tidak hanya dihapal saja tapi juga dipraktekkan sehingga kita tau cara untuk mengimplementasikannya dengan benar. Jangan pernah kenyang akan ilmu karena ilmu tidak ada batasnya, jangan pernah berhenti belajar karena hidup adalah pembelajaran.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

Scroll To Top