kalian tahu ga si, Menurut survei ternyata dari seluruh barang yang ada dikamar kamu. hanya 20% loh barang yang sebenar terpakai rutin.

Misalnya : Laptop,pakaian,buku.

Ada beberapa barang yang tanpa kita sadari sudah lama tidak dipergunakan namun terlihat di kamar kita yang membuat space di ruangan itu sendiri terlihat sumpek / penuh.

Contohnya: buku yang sudah tidak terpakai ,terkadang kita hanya meletakan di rak buku dan terlihat rapih namun nyatanya tidakk lohh , dengan trik konmari kita dianjurkan untuk merapihkan barang barang tersebut berdasarkan kategorinya / menyimpan barang barang yang tidak terpakai tersebut dengan kardus.

oh iyaa, konmari method sendiri tuhh apa sii?? Konmari adalah sebuah metode berbenah atau beres-beres yang diperkenalkan oleh seorang wanita asal Jepang bernama Marie Kondo. Metode ini ia tuangkan ke dalam buku yang berjudul “The Life Changing Magic of Tidying Up”.

Mungkin buat sebagian orang yang namanya bebenah tuh rasanya males banget, dan mungkin kedengarannya sepele, tapi kalo kita kerjakan dengan benar bisa merubah hidup.Dan nyatanya prinsip konmari yang sudah aku implementasikan ke kamar aku ini ternyata membawa dampak baik lohh untuk vibe kamar itu sendiri, misalnya :

Meja belajar

ada banyak barang – barang yang secara kegunaan sebenarnya tidak terlalu penting, namun di mindset ku dulu selalu

“ah biar nanti pas nyari barang ini gampang , ada dimeja”

dampak negative nya , hal itu bikin meja penuhh , sumpekk jadi ga nyaman , namun dengan cara konmari ini , aku mulai meng sortir barang barang yang memungkinkan ada di meja , hanya laptop dan cable management dan lampu belajar saja , sisanya aku sortir dan masukin ke kardus , dan hasilnya setiap bangun tidur liat meja yang ada hanya laptop dan membuat pikiran jadi seger juga karna ga sumpek.

Lemari pakaian

dulu sering banget nyampurin baju apa aja asal tumpul asal ngambil , secara ga sadar apa yang diambil dibagian tumpukan atas baju saja , sehingga yang bawah tidak terpakai , dengan konmari ini.

aku mulai menata mana baju rumah , dan baju yang bagus untuk berpergian sehingga baju yang sudah tidak dapat dipakai bisa di pisahkan ketempat lain jadi lemari terlihat lebih lega.

Nahh ituu dia pengalaman yang aku rasakan setelah menerapkan KONMARI METHOD , yuk kalian jangan mau kalah!!

Dimulai dari ruangan kamar sendiri duluu , kamar sehatt bangun pagi juga lebih semangat untuk menjalani aktivitas , dan ga sumpekk tentunya!!!

Reference link :

https://konmari.com/what-is-konmari-method/

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About Rusaida Al Adha

Information Systems of Bina Nusantara University