Emosi sebaiknya diproses buka dikontrol.

Michael Jordan Reaction GIF - Find & Share on GIPHY
Michael Jordan Reaction GIF (Giphy)

Kesadaran manusia sebenarnya hanya 10%, lainnya adalah bawah sadar dari manusia itu sendiri, seperti kebiasaan, sifat, analisis dan lainnya. Sehingga jika alam bawah sadar terbiasa tidak memproses emosi dengan baik makan akan sulit untuk menghadapinya secara benar.

Alam bawah sadar saya.

Secara tidak sadar saya sering memiliki emosi yang negative, seperti marah, sehingga kapanpun emosi tersebut dapat keluar dengan sendirinya, jika tidak keluar secara langsung, hal tersebut dapat keluar dari pancaran gelombang elektro dari hati yang emosi.

Bagaimana saya memproses emosi selama ini.

Secara sifat saya adalah orang yang tidak suka ribet, sehingga ketika emosi negatif dating saya sebisa mungkin memproses emosi tersebut menjadi emosi positif, bagaimana caranya :

1. Berfikir kemungkinan lain

Sering kali, emosi negatif dating dari berbagai kondisi, seperti komentar orang lain, kesalahan, masalah, bahkan hal yang belum jelas.

Berfikir kemungkinan lain adalah berfikir jika apa yang kita hadapi sebenarnya tidak separah itu, secara sederhana pikiran kita diarahkan untuk memikirkan bahwa terdapat point of view lain selain apa yang kita rasakan, sehingga kita tahu bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya memiliki hal negatif yang membuat emosi kita menjadi negatif pula.

Istilahnya adalah husnudzon, baik kepada orang lain dan diri kita sendiri, sehingga kita tahu dan dapat memproses emosi dengan baik.

2. Menenangkan diri

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencapai diri yang tenang, namun pada saat ini yang paling sering saya gunakan adalah dengan menganalisa masalah dan membuatnya menjadi bukan masalah yang menyulitkan baik pribadi sendiri atau orang lain. Setiap masalah pasti ada akar dan ada solusinya, sehingga dengan manganalisa masalah kita tahu langkah yang akan kita lakukan, bukan malah menjadikan masalah tersebut sebagai hal yang negatif. Konsep menenagkan diri yang saya lakukan dengan menganalisis masalah dapat dilakukan sesederhana mungkin.

3. Istikomah

Istikomah adalah poin penting dari kedua cara diatas, manusia memiliki kesadaran pada tubuhnya 10%, lainnya adalah alam bawah sadar, sehingga cara-cara untuk menangani emosi yang baik tidak bisa dilakukan hanya sesekali, namun harus rutis setiap kita menghadapi hal itu. Sehingga tubuh akan terbiasa dengan cara-cara tersebut, dan nantinya alam bawah sadar akan terubah secara baik sesuai dengan kebiasaan yang sudah dilakukan.

Yang dapat ditingkatkan.

Setelah melihat bagaimana Find Your Purpose Mission, saya sadar bahwa masih banyak cara yang dapat dilakukan agar memproses emosi dengan benar, seperti meditasi contohnya, saya sendiri tertarik dengan hal tersebut bahwa metode-metode lain dapat pula mengatasi emosi negatif.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!