Barang merupakan kebutuhan setiap personal, setiap personal memiliki berbagai macam kebutuhan barang yang berbeda, dari keberbedaan tersebut barang juga memiliki kategori yang berbeda-beda, mulai dari barang penting, kesukaan, kado, hingga barang yang kurang penting.

Nyatanya setiap personal pasti memiliki barang yang masuk ranah barang kurang penting, akibatnya barang tersebut ada namun fungsi, peran, dan manfaatnya tidak ada, padahal seperti statement sebelumnya bahwa setiap personal memiliki kebutuhan barang yang berbeda. Mungkin saat ini saya memiliki 2 jam tangan, disisi lain seseorang bahkan tidak tahu rasanya menggunakan jam.

Dengan kondisi seperti berikut, sangat penting bagaimana kita memanage barang yang kita punya, teori sederhananya adalah barang yang tidak kita butuhkan sebaiknya diberikan kepada orang yang membutuhkan, bahkan ada teori dimana barang yang sudah tidak kita gunakan lebih dari 3 bulan makan seharusnya barang tersebut diberikan atau dihilangkan.

Bagaimana cara agar barang yang sudah tidak penting namun bisa menjadi penting, antara lain :

Manage barang

Secara rutin, memanage barang yang kita miliki. Dengan memanage barang yang kita miliki kita tidak akan kehilangan waktu untuk menemukan barang yang kita miliki, bahkan tidak akan kehilangan barang yang kita miliki. Manage barang bertujuan agar barang-barang yang kita miliki tertata dengan baik, selain itu pada saat memanage barang, kita menemukan barang yang sudah tidak diperlukan, disinilah peran penting manage barang. Sehingga barang yang kita miliki tidak berlebihan dan kita  memiliki barang memang dibutuhkan dan nantinya berfungsi.

Memberinya kepada orang lain

Setelah berhasil mengordinisir barang dengan baik, pastinya terdapat barang yang tidak kurang bermanfaat karena tidak digunakan. Barang tersebut mungkin masih bisa bermanfaat ditangan orang lain. Oleh karena itu, lebih baik barang tersebut diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan barang tersebut.

Menjualnya

Selain memberikannya kepada orang lain, barang yang tidak digunakan dapat dijual kembali kalau fungsinya masih bagus, hal ini adalah alternatif lain dari manage barang yang sudah tidak digunakan.

Ketiga hal tersebut dapat diterapkan dalam keseharian, berbagai manfaat akan didapatkan seperti kurangnya pembelian barang yang tidak penting, hati yang tenang karena bermanfaat untuk orang yang lebih membutuhkan, mendapatkan uang.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!