Living In The Present

Ilham Akbar Putra

Bukan, kali ini saya tidak akan berbagi pemikiran, atau teori. Saya hanya ingin bercerita tentang pertemuan singkat dengan sebuah keluarga yang tiba tiba saja menginspirasi hehehe.

Sebelumnya, terimakasih juga kepada Ibu Angels Yolanda Krisnadita yang mengajak saya untuk bertemu dan berkenalan dengan mereka.

Processed with VSCO with b3 preset

Awal kami bertemu karena story teman, yang menerima keluarga ini di rumahnya untuk menginap. Dapet informasi kalau mereka barusaja memulai hidup nomadennya sejak akhir tahun lalu.

Akhirnya kemarin saya bersama Mbak Yolan berkesempatan untuk bertemu dengan mereka, di sebuah cafe di tengah Kota.

Processed with VSCO with a4 preset

Pak Nusa Yang Sangar

Seorang Bapak dengan istri dan 5 orang anaknya, yang berhenti menjadi guru yoga, pemandu perjalanan, melepaskan usaha bakery sang istri, menjual rumah, sampai mengeluarkan anak-anaknya dari bangku sekolah dasar. Dan memulai hidupnya dijalan.

Processed with VSCO with a4 preset

September 2018 tepatnya, mereka memulai perjalanan dari Bali, dimana rumah dan cerita tercipta. Bergerak ke arah barat dan memulai kehidupan baru. Kehidupan tanpa kekhawatiran akan masa depan, tanpa lara akan masa lalu, kehidupan yang sekarang. Saat ini.

Iya, mereka tidak khawatir akan bahaya, akan kehabisan uang, akan kelaparan. Semua dihadapi dengan tenang.

Bermodal mobil Xenia yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, supaya bisa menjadi rumah yang nyaman untuk keluarga.

Processed with VSCO with a4 preset

Ibu Binti Yang Ramah

Awal mau ketemu orang ini agak deg deg an. Maklum, belum pernah kenalan sebelumnya, tiba2 pingin ketemu karena penasaran sama ceritanya. Kita datengnya telat lagi hehe. Tapi setelah ketemu, wah ternyata mereka ramah sekali, welcome sekalipun ke orang baru.

Processed with VSCO with a4 preset

Kelima putra putrinya pun baik, pintar dan sopan, walaupun tidak mengenyam bangku pendidikan formal, tapi ternyata mereka dididik dengan baik oleh kedua orang tuanya, walaupun tanpa rumah, walaupun tanpa sekolah.

Processed with VSCO with a4 preset

🙋🏻‍♀️: Yol

👱🏼‍♂️: Pak Nusa

🙆🏼‍♂️: Gon

🤱🏼: Bu Binti

----------------------------

🙋🏻‍♀️: Loh pak, ngapain kok tiba tiba memutuskan buat hidup nomad?
👱🏼‍♂️: Udah cita-cita dari dulu mbak, baru kesampean sekarang aja.
🙆🏼‍♂️: Ibu tapi setuju aja ya pak? Sampe ninggalin usahanya?
🤱🏼: Awalnya takut mas, tapi udah diyakinkan sama suamik.
🙆🏼‍♂️: Anak anak gimana pas keluar dari sekolah pak?
👱🏼‍♂️: Awalnya takut gak punya temen dia, tapi makin kesini perasaan takut udah ilang.
🙋🏻‍♀️: Gak takut uangnya habis kalian?
👱🏼‍♂️: Belum kepikiran sih, jalani dulu aja yang sekarang mbak.
🙆🏼‍♂️: Habis dari Malang mau kemana?
👱🏼‍♂️: Masih belum tau, jalan aja pokoknya.
🙋🏻‍♀️: Nah kalau tidur dimana pak? Si kecil gimana?
👱🏼‍♂️: Ya di mobil mbak yol, pokok ngantuk tidur, capek istirahat, gak ada jadwal tetap. Syukur mereka enjoy dan gak rewel. Malah suka cari tenda, kangen camping.

Processed with VSCO with a4 preset

Yang bikin kagum, anak anak kecil ini. Mereka sudah dididik hidup sederhana, merelakan segalanya yang sudah dimiliki. Juga untuk tidak bergantung kepada orang lain, tapi tetap peduli sesama. Mandiri, santun, punya unggah-ungguh, walaupun tidak duduk di bangku pendidikan formal. Oh iya satu lagi:

PETUALANG SEJATI.

Processed with VSCO with a4 preset

Kalau dibilang mikir ya mikir, tapi kalau dipikir terus, kapan nikmati saat ini? Yang buat masa datang, nanti dulu lah. Kita hidup di saat ini, dan bukan di saat mendatang kan? - Nusa

Gak usah kejar kejaran sama hidup, sudah waktunya berteman. Hiduplah disaat ini. Bukan dimasa lalu, atau dimasa mendatang.

Berperan secara penuh saat ini, bukan saat esok, atau kemarin.

Bahagialah saat ini.

Processed with VSCO with a4 preset

Terimakasih Pak Nusa, Bu Binti atas inspirasnya.
Saras, Putu, Gendis, Gembul, dan Bagas sudah menginspirasi dari pertemuan singkat 45 menit ini.

Semoga bisa ketemu di tempat dan waktu lain.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About Beon Angels

Angels tercantyc sekahyangan z:*