Beres-beres atau sering kita kenal juga dengan berbenah merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membuat tempat lebih rapi dan mungkin juga menciptakan suasana yang lebih nyaman. Namun seperti yang kita lakukan, setiap hari beres-beres lebih cenderung kepada menaruh barang pada tempatnya atau menjadikan ruangan terlihat lebihluas.

Lalu… apa iya langkah yang kita lakukan saat beres-beres ini sudah tepat? atau malah bikin tambah berantakan karena ternyata… banyak banget barang yang harus diberesin sampai gak tau nih mau ditaruh dimana. Kalau itu yang saat ini kalian rasakan, yuk belajar ber- Konmari!

Konmari sendiri merupakan salah satu metode berbenah total dengan acuan menyimpan barang yang memicu kegembiraan (Sparks joy). Lah.. gak beda jauh dong sama metode yang sering kita lakuin saat beres-beres? Sebentar… Konmari ini hanya perlu dilakukan satu kali, artinya kita berbenah atau beres-beres dengan tujuan untuk tidak melakukannya secara terus menerus dalam jarak waktu yang dekat.

Karena terkadang meskipun barang-barang sudah tertata pada tempatnya, kita masih harus membongkarnya lagi ketika memerlukan sesuatu, sehingga hal tersebut membuat kita harus menata ulang kembali barang yang telah kita bongkar. Bener gak nih?

Langkah  dalam Konmari sendiri yaitu dimulai dengan mengkategorikan barang yang akan kita benahi dalam 4 value(nilai) yaitu fungsional, informasional, sentimental dan rarity (kelangkaan). Jadi bisa dipastiin kalian gak akan nyimpen barang yang tidak berguna lagi. Semoga…

Nah contoh dari 4 value(nilai) ini yaitu :

  1. Fungsional: barang ini masih biasa kalian pakai seperti baju, almamater. Jadi mungkin untuk baju yang udah jarang atau bahkan gak pernah kalian pakai bisa nih di sortir. Selain itu, berkas yang akan kalian butuhkan sewaktu-sewaktu seperti ijazah, kartu keluarga dan berkas penting lainnya masih bisa kalian simpan.
  2. Informasional: tentu saja ini barang yang masih bisa menginformasikan buat kalian seperti buku non fiksi, jika kalian mempunyai buku fiksi seperti novel atau sejenisnya yang masih pengen kalian baca mungkin bisa untuk di keep dulu .
  3. Sentimental: barang penuh kenangan indah masih bisa kalian simpan untuk dikenang contohnya kayak album foto masa kecil, surat dari crush mungkin atau barang pemberian seseorang.
  4. Rarity(kelangkaan):barang ini bisa jadi juga barang yang sudah terbatas stoknya saat ini, atau barang yang kalian dapatkan dengan penuh perjuangan misalnya buku bertanda tangan penulis atau lainnya.

Selain yang masuk kategori diatas mungkin barangya bisa kalian donasikan atau jika sudah rusak bisa dibuang. Dengan begitu kalian tidak perlu menata ulang ruangan secara terus-menerus hanya untuk mencari satu barang. Dan juga ketika berbenah kalian tidak hanya fokus pada barang yang kalian tata tp juga pada nilai dari barang tersebut.

Manfaat dari teknik beres-beres Konmari ini banyak banget loh, diantaranya:

  • Bisa membuat kita semangat merencanakan hidup dengan melihat suasana baru dalam ruangan yang kita benahi.
  • Dapat memilah mana barang yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan secara lebih spesifik.
  • Ruangan terlihat lebih rapi
  • Dan pastinya kalian akan lebih produktif.

Jadi.. siap untuk menggunakan teknik Konmari dalam agenda beres-beres? Jangan lupa untuk sediakan waktu satu hari (Tidying Festival) untuk beres-beres yaaa agar lebih fokus dan bersemangat.

Terimakasih  🙂

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!