Photo by <a href="https://unsplash.com/@sweetpagesco?utm_source=unsplash&amp;utm_medium=referral&amp;utm_content=creditCopyText">Sarah Brown</a> on <a href="https://unsplash.com/s/photos/konmari?utm_source=unsplash&amp;utm_medium=referral&amp;utm_content=creditCopyText">Unsplash</a>
Photo by Sarah Brown on Unsplash

Apa itu Konmari

Konmari pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli gaya hidup dari jepang, Marie Kondo, melalui bukunya yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up yang terbit pada tahun 2011. Konmari adalah sebuah gaya hidup yang mendorong seseorang untuk menghargai hal-hal kecil sehingga dari hal kecil tersebut dapat mendatangkan sebuah kebahagiaan tersendiri. Melihat segala sesuatu tertata dengan rapi dapat memunculkan rasa bahagia tanpa disadari. Konmari sendiri identik dengan kegiatan membereskan barang-barang.

Kegiatan beres-beres pada umumnya berfokus pada membuang barang yang sudah tidak berguna, tapi dengan menggunakan gaya hidup konmari, kegiatan beres beres menjadi berfokus pada barang mana yang akan disimpan

Kita dapat memulai menerapkan konmari dimulai dari hal yang paling dekat dengan kita, contohnya adalah meja kerja dan barang barang diatasnya. Meja kerja masih menjadi tempat yang paling kita tempati Ketika wfh masih berlangsung, yang berarti dapat dipastikan banyak barang yang berada diatas meja kerja. Yuk mulai!.

Hasil dari konmari saya

Berat rasanya untuk memulai membereskan barang-barang yang seharusnya ada dan yang seharusnya tidak ada di meja kerja. Tapi demi rasa nyaman dan Bahagia, saya berhasil melawan rasa malas saya.

Meja kerja sebelum konmari
Meja kerja sebelum konmari

Dapat dilihat dengan jelas bahwa meja kerja saya sangatlah berantakan, terdapat berbagai macam benda, botol kaca, plastic yang tidak terpakai dan berbagai macam barang-barang kecil lainnya.

Meja kerja setelah konmari
Meja kerja setelah konmari

Lihat bedanya. Berbeda jauh bukan?

Setelah saya memilah barang yang memang seharusnya ada pada meja kerja dan menaruh beberapa barang-barang lainnya pada kotak biru yang terdapat diatas meja kerja, saya langsung mendapatkan kesan bersih, nyaman dan menyenangkan. Ketika kita merasa nyaman dan menyenangkan kegiatan apapun tidak akan terasa berat.

Sekecil apapun hal yang kamu lakukan, percayalah pasti akan ada dampak yang akan kamu rasakan. Beres-beres bukan selalu tentang hal yang besar kok . hal yang kecil seperti yang saya lakukan juga sudah termasuk beres-beres.

Terimakasih sudah membaca, stay positive!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About Bryan Aulya Achmad Istighfara