index

Pernah gak sih merasa mindir dengan kemampuan seseorang karena sangat ahli dalam hal tersebut ?. tidak masalah jika pernah karena semua orang juga pernah mengalaminya, kita bisa merubah itu semua dengan growth mindset. Sebenarnya growth mindset sudah pasti semua orang miliki tetapi itu semua tergantung kepada orangnya mau mengasah atau tidak.

Apa itu growth mindset ?

Jadi growth mindset adalah salah satu pola pikir yang dimana harus dimiliki jika seseorang ingin sukses dalam karirnya. pengertian tersebut bisa di ambil dari buku yang berjudul “Mindset: The New Psychology of Success.” yang dilansir oleh Thomas Edison State University, Carol Dweck. Dalam buku tersebut juga dijelaskan individu yang memiliki growth mindset adalah mereka yang akan selalu percaya bahwa bakat yang dimilikinya dapat dikembangkan.

Bagaimana cara mengembangkan bakat yang dimiliki ?

1.       Kerja keras

2.       Menggunakan strategi yang tepat pada saat bekerja

3.       Mendengarkan masukan yang disarankan orang lain

Pemilik growth mindset sangat berbeda dengan fixed mindset. Mengapa mereka berbeda ?

Dapat kita lihat dari segi kerja kerasnya. Orang yang memiliki growth mindset tidak pernah merasa takut gagal karena mereka menganggap bahwa kegagalan sering disebut dengan sebagai hambatan menuju kesuksesan. Hal itu sangat berbeda dengan fixed minset yang lebih mengandalkan pada bakat yang mereka punya untuk mencapai kesuksesan. Selain itu fixed minset juga menganggap bahwa bakat yang mereka miliki sangat dipercaya dapat menciptakan kesuksesan meskipun tanpa suatu usaha apapun.

cara mengembangkan growth mindset antara lain

1.       Fokus pada proses

Pemilik growth mindset akan lebih fokus pada pegembangan diri untuk mencapai kesuksesan karena mereka beranggaoan bahwa dari proses banyak pelajaran yang dapat diambil walaupun harus menghadapi kegagalan.

 

2.       Berani menghadap tantangan

Pemilik growth mindset akan beranggapan bahwa tantangan bukanlah hambatan yang akan menjauhkan dari kesuksesan bahkan dianggap seperti kesempatan baru untuk lebih berkembang .

 

3.       Paham bahwa kegagalan bukan akhir dunia

Walaupun kita sudah berusaha semaksimal mungkin dengan tenaga kita dan membuahkan hasil kegagalan sudah pasti kita akan sedih. Namun jika ingin mengembakngkan growth mindset maka kita anggap kegagalan bukan akhir segalanya karena kegagalan tersebut memberi kita kesempatan sumber kesalahan kita berasal dari mana.

Jadi pada intinya kita dapat mengembangkan growth mindset yang kita miliki karena dengan kita mengembangkan growth mindset kita akan mencoba sesuatu hal yang baru dan pastinya jangan takut gagal. Tidak semua hal membuahkan hasil gagal apabila kita tidak mau mencoba serta belajar dari kegagalan tersebut

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!