DATA DIGITAL

Bayangkan waktu ngerjain skripsi udah hampir selesai tiba tiba laptop hung dan hdd rusak... aaaaaa!!!
pasti ekspresi kalian sama seperti gambar disamping.

Udah ngerjain lama hampir selesai ,tiba tiba semua data laporan ilang seketika,bayangin tuh gimana stresnya.

semoga kita-kita di jauhkan dari musibah seperti diatas ya 🙂 .

KONMARI DATA

Masih ingat pertanyaan hamba tuhan? yak itu saya hehe, pertanyaannya apakah metode spark of joy di konmari bisa diterapkan dihal lain selain barang fisik? dan ternyata jawabannya bisa! ternyata bisa juga diterapkan untuk data digital serta relationship.

Penjelasan Ibu Elsi tentang membackup data digital(foto) dan memilah mana data yang perlu di keep and backup dan mana data yang harus di delete mengingatkan saya tentang kejadian salah satu rekan ex-beonic yang berinisial samid ,tentang kejadian mengerikan yang menimpanya yaitu data skripsi yang sudah dikerjakan beberapa bulan hilang begitu saja karena kesalahan proses reinstall laptop yang menyebabkan semua data di harddisk hilang,ya SEMUA!.

Jadi konmari yang saya lakukan bukan berupa barang fisik tapi data digital saya dan juga data fisik penting seperti ijazah dll saya digitalisasi dan saya backup agar aman,ini juga berangkat dari pengalaman saya ketika rumah saya dulu terkena banjir hebat,banyak arsip penting yang hilang begitu saja terkena banjir, betul -betul HILANG...

BAGAIMANA SAYA MELAKUKANNYA?

scan

SCAN DATA FISIK PENTING

Pertama saya mengumpulkan berkas-berkas penting dari mulai Ijazah, SKHUN, Raport, Rekam medis, KTP, SIM, dan surat berharga lainnya seperti Surat kontrak dll.
Setelah itu semua berkas tersebut saya scan dan dijadikan pdf.

images

PILAH DATA DIGITAL PENTING

Berikutnya adalah memilah data mana saja yang diberikan kategori penting atau wajib backup, alangkah baiknya kalau sudah punya skala prioritas. contohnya prioritas saya adalah Data sekolah/kuliah dan pekerjaan, Photo penting.
data yang bisa didownload lagi seperti anime dan game tidak perlu dibackup,cukup simpan link downloadnya saja.

download

PILIH PLATFORM BACKUP

Pilih platform untuk menyimpan data backupmu, bisa berbayar bisa juga yang free asalkan cukup.
contoh yang free dan saya pakai adalah gdrive/googl drive,sebenarnya gdrive ini ada yang berbayar jika ingin upgrade space,tapi saya cukup dengan space yang gratisan hehe.

download

PROSES UPLOAD DATA

Proses upload data bisa dilakukan lewat platformnya langsung atau bisa menggunakan aplikasi yang diinstall di pc dan secara otomatis sync ketika ada file yang diletakkan di folder aplikasi itu.
google drive juga ada versi aplikasinya kok,cari sendiri ya :p dan juga pastikan proses upload data besar dilakukan pakai koneksi yang stabil ya biar tidak ada corrupt diantara kita, ashiaappp.

BEFORE

Gambar 347

AFTER

Gambar 348
Gambar 350
Gambar 349

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!