Gaya hidup minimalism hadir dengan menunjukkan bahwa kebahagiaan bisa didapat dengan sedikit barang. Consume less but enjoy more dengan membuat hidup lebih simple. Memungkinkan kita untuk memisahkan mana tujuan hidup kita dan sesuatu yang menjauhkan kita dari tujuan tersebut.

Bagian dari gaya hidup minimalism adalah declutter, yaitu mengurangi barang – barang yang tidak diperlukan. Konmari hadir dengan metode declutter yang efisien. Dipopulerkan oleh marie kondo dan metodenya pun diambil dari namanya. Dengan declutter yang sistematis, metode konmari memiliki 4 prinsip yaitu : diatur berdasarkan kategori, memilih benda yang membuat bahagia, semua benda memiliki tempat dan berbenah cukup sekali.

Tetapi beberapa penggiat melihat metode konmari tidak sejalan dengan ide minimalism yang berawal dari hidup se-minimal mungkin berdasarkan fungsinya. Bukan menyimpan barang berdasarkan dengan nilai kebahagian di dalamnya seperti yang metode konmari ajarkan.

Saya sudah beberapa bulan terakhir mencoba untuk menerapkan gaya hidup minimalism. Dimulai dari mengelola keuangan pribadi, mengambil keputusan untuk membeli barang berdasarkan kategori kebutuhan dan keinginan. Untuk barang yang masuk kategori kebutuhan diperioritaskan untuk dibeli dibanding kategori keinginan. Selain itu setiap bulan uang yang masuk dipisahkan untuk yang ditabung, diinvestasikan dan yang dibelanjakan.

Lalu selain minimalist dari sisi finansial yang saya terapkan, saya juga belajar tentang bagaimana memisahkan benda yang diperlukan dan men – declutter benda yang tidak diperlukan. Setelah melihat sharing session yang diisi oleh Elsi Santi tentang The art Decluttering and Organizing. Saya mencoba menerapkan memisahkan barang berdasarkan kategori dan barang tersebut harus memiliki tempat.

This image has an empty alt attribute; its file name is IMG_20190821_075542-768x1024.jpg

Tidak seperti sebelumnya yang menaruh barang dimanapun yang penting mudah dicapai saat ingin digunakan. Yang hasilnya meninggalkan kesan berantakan dan sulit dicari ketika lupa. Setelah mengkategorikan barang tersebut ternyata lebih mudah untuk mencari barang dan mengembalikannya pada tempatnya.

Jadi tidak hanya mengurangi barang atau declutter hingga sangat sedikit. metode konmari sangat bagus untuk diterapkan bersamaan dengan hidup minimalis. Mengurangi barang sampai dirasa ‘pas’ yang hasilnya akan memaksimalkan utilitas barang yang disimpan.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About Beon Angels

Angels tercantyc sekahyangan z:*