Halo, Mas & Mbak sekalian!

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cerita setelah mengikuti Event Sharing Session tentang Find Your Purpose dari Mas Bagia Arif Saputra melalui video rekaman. Karena sebelumnya saya mengikuti Event Sharing Session tentang metode KonMari sebelumnya dengan media video juga. Pernah terbayang akan sangat menarik dan menyenangkan jika saya ikut langsung di dalam ruangan tersebut, bisa berinteraksi langsung dan tertawa lepas bersama. Namun kegiatan tersebut tidak tahu mengapa membuat saya merasa masuk menjadi bagian di sana. Sebenarnya saya ingin tahu apa yang diisi Mas & Mbak pada lembaran tersebut. Mungkin untuk saat ini saya hanya bisa melakukan refleksi diri pada tingkat berapa kesadaran seseorang.

Masih ada kaitannya dengan kegiatan tersebut, saya mencoba mengingat apa saja rencana yang ingin diperoleh selama 4 sampai 5 tahun kedepannya. Hal itu saya dapat saat masa transisi putih abu-abu ke dunia perkuliahan. Tidak asing lagi terdapat sebuah tradisi dan budaya jika menjadi mahasiswa baru diharuskan untuk mengikuti kegiatan pengenalan kampus atau ospek. Terdapat sesi yang sama yaitu menyusun suatu hal yang realistis dan dimungkinkan untuk diwujudkan dengan kemampuan yang dimiliki, bisa disebut dengan Life Mapping. Saat itu muncul pertanyaan, apa rencana saya kedepannya? Berikut lembar yang saya tulis saat itu. Ya, seperti itu kalimat yang menggunakan ejaan kurang tepat (typo) dan diksinya juga dengan jumlah yang cukup banyak karena tergesa-gesa.

Hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun. Alhasil, life mapping yang pernah saya tulis tersebut ternyata terwujud satu demi satu meskipun ada yang tidak sesuai, seperti (d) berkontribusi menjadi asisten praktikum programan dasar. Realitanya bukan mata kuliah tersebut melainkan jaringan komputer. Ya, ada titik dimana saya harus menerima dengan legowo dan suatu hal wajar ketika keinginan belum terwujud saat itu karena tertunda mungkin, atau bukan bagian dari kesempatan. Ternyata masa life mapping tersebut hampir habis dan diberi kesempatan memperpanjang masa untuk menyusun rencana baru melalui tulisan ini dengan pertanyaan yang sama yaitu apa rencana saya kedepannya?. Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih untuk Jagoan Hosting Indonesia. Bismillah…. Ada beberapa rencana yang saya inginkan untuk 5 tahun kedepannya antara lain:

  • Setelah mendapatkan status lulus dan ijazah, saya ingin berkontribusi dengan cara meneruskan manifestasi organisasi yang mana sampai saat ini ikuti terutama bidang sosial masyarakat
  • Paham dan dapat berkomunikasi dengan mudah menggunakan bahasa asing (bahasa inggris dan isyarat)
  • Mengikuti pelatihan dan sertifikasi tingkat nasional dan global tentang jaringan komputer (Cisco atau MikroTik) dan Cloud Computing (GCP atau AWS)
  • Memiliki komunitas bidang TIK yang menyasar tingkat pendidikan SMA sederajat dan menjadi bagian sebagai pendidik
  • Mendapatkan pekerjaan utama yang nyaman di perusahaan bidang TIK bagian Administrasi Network & Server

Pelan namun pasti, saya yakin Tuhan dan usaha yang saya lakukan nantinya rencana tersebut dapat terwujud. Untuk mengakhiri tulisan ini, saya sekaligus ingin mengucapkan terima kasih sekali lagi ke Jagoan Hosting Indonesia karena sudah diberikan kesempatan memperbaharui life mapping untuk 4 sampai 5 tahun saya kedepannya. Semoga apa yang kita semua rencanakan akan terbukti kemudian hari. Salam untuk semuanya!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!