MARI BER-KONMARI!

By :  Hilga Damayanti

How Do You Feel,When your desk look like that?

You’ve got this_ how to deal with a messy coworker

"Now imagine yourself living in a space that contains only things that spark joy. Isn't this the lifestyle you dream of?" -Marie Kondo

KonMari adalah...

Suatu metode yang dicetuskan pertama kali oleh Marie Kondo seorang konsultan kerapian dari Jepang dan dia tuangkan kedalam bukunya yang berjudul "The Life-Changing Magic of Tidying Up"  Pada tahun 2011 silam.

 Kunci dari Metode bebenah ini adalah kamu dapat menentukkan barang mana yang kamu mau simpan dan buang berdasarkan dari rasa bahagia kamu atau Marie biasa menyebutnya "Joy" .

The Organised Student

Sebenarnya, konsep bebenah  yang dicetuskan Marie ini bukan semata-mata merapikan secara fisik.

Justru kita diajak untuk refleksi diri seperti, Apa sih tujuan kita dalam merapikan rumah/kamar? Pernah nggak sih kita benar-benar punya gambaran seperti apa kondisi rumah yang kamu inginkan? Saat pulang ke rumah, apa sih aktivitas idealmu?

Jadi, banyak hal yang perlu di refleksikan sebelum melakukan merapihkan barang dengan konmari.

So, Here is The Step

1. Commit Yourself To Tidying Up

Kamu harus punya komitmen dengan diri sendiri untuk tidak lagi melakukan atau meletakkan benda sembarangan dan membuatnya berantakan lagi.

2. Imagine Your Ideal Lifestyle

Tulislah di kertas tentang kehidupan ideal menurutmu. Dari tulisan ini, bisa menjadi pedoman buat kamu agar selama proses sortir benda tidak ada rasa baper terhadap benda tersebut.

3. Discarding First and Then Say "Thank You"

Tahap ini menggunakan yang namanya "Spark of Joy".  Caranya keluarkan barang setiap kategori, misalnya kategori clothes. Keluarkan seperti sepatu, baju, celana, kaos kaki di satu area. Sentuhlah setiap barang tersebut dan rasakan apakah kamu merasakan joy pada benda tersebut. Jika tidak segera singkirkan benda itu dan jangan lupa untuk mengucapkan "Terima Kasih" terhadap benda itu. Selesaikan bebenah di satu kategori dulu.

4. Tidy By Category, Not Location

Inilah yang menjadi keunikan metode konmari yaitu berbenah dengan kategori bukan lokasi. Biasanya saat orang membersihkan sesuatu harus berdasarkan lokasi, misalnya hari ini dapur, besok kamar mandi, lusa ruang tamu, dst. Marie mempunyai pakem kategori untuk membuat bebenah lebih mudah dan menyenangkan.

5. Follow The Right Order

Terdapat 4 nilai pada benda menurut Marie Kondo :

 1. Functional (Apakah benda tersebut berguna ?)

 2. Infomational (Apakah benda tersebut memiliki informasi ?)

 3. Sentimental (Apakah benda tersebut memiliki kenangan atau memori yang melekat di pikiran?)

 4. Rarity (Apakah benda tersebut limited edition/langka/sulit mendapatkannya ?)

Semakin banyak value yang ada pada suatu benda, benda itu menjadi sangat penting.

 

6. Ask Yourself If It Spark Joy

Inilah keunikan metode konmari, Marie mengajak kita untuk bisa menyimpan dan membuang benda dengan perasaan apakah kita berbahagia dengan benda tersebut. Tentu tujuan dari konmari ini adalah mempunyai rumah yang isinya penuh dengan kebahagiaan.

WhatsApp Image 2020-04-06 at 4.17.38 PM (1)

BEFORE KONMARI

WhatsApp Image 2020-04-06 at 4.17.38 PM

AFTER KONMARI

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!