Top view portrait of a woman lying at the desk near the laptop. Education, business concept photo. Lifestyle

KOMPONEN KECERDASAN

Saat ini, kebanyakan kecerdasan seseorang dinilai berdasarkan IQ (Intelligence Quotient). IQ ini mencakup beberapa kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, daya tangkap, dan belajar . Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu (wikipedia). Sehingga tidak heran, kecerdasan seseorang biasanya dinilai berdasarkan nilai matematika, fisika, biologi dan kimia.

Namun sebenarnya, komponen kecerdasan tidak hanya dinilai berdasarkan IQ saja, ada EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient).Komponen EQ berkaitan dengan kemampuan seseorang mengelola emosinya. Seperti yang kita ketahui, setiap harinya kita akan beraktivitas dan berjumpa dengan orang lain. Ada orang yang membuat kita takut, sedih, senang, tidak nyaman , bahagia, dan cemas. Perasaan seperti takut, sedih, cemas tentunya perlu diatasi karena akan menyebabkan stres sehingga dalam menjalani hidup seperti dalam kecemasan.

HUKUM TERMODINAMIKA PADA EMOSI

Dalam pelajaran IPA, hukum termodinamika mengatakan bahwa

“Energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan, melainkan hanya bisa diubah bentuknya saja.”

Tubuh kita ternyata mengeluarkan gelombang elektromagnetik. Dan bahkan energi gelombang yang dipancarkan hati lebih tinggi daripada di otak. Karena tubuh kita juga energi, maka hukum termodinamika juga berlaku di tubuh kita. Sehingga Emosi (Energi in Motion) yang ada di tubuh kita tidak bisa dimusnahkan melainkan hanya bisa ditransfer saja. Salah satu cara mentransfer ini adalah bisa dengan cara berteriak, menangis dan meditasi.

LEVEL KESADARAN MANUSIA

Alam sadar manusia layaknya gunung es yang muncul di permukaan. Bagian terbesarnya sebenarnya ada di alam bawah sadar manusia. Alam sadar manusia merupakan keadaan dimana kita aware. Sedangkan alam bawah sadar tidak bisa membedakan mana yang nyata mana yang tidak nyata. Ketika kita tidak bisa matematika, dan di dalam hati kita kita bilang “aku tidak bisa matematika”, maka sesungguhnya alam bawah sadar kita merasuki kita dan mengkonfirmasi “aku tidak bisa matematika. Sehingga jika kita berfikir negatif, maka semakin hari pikiran tersebut lama-lama menjadi kenyataan.

TUJUH LEVEL KESADARAN MANUSIA

Dr Hawkins menggambarkan tingkat kesadaran manusia yaitu 

  1. Enlightenment
  2. Peace
  3. Joy
  4. Reason
  5. Acceptance
  6. Willingness
  7. Neutrality
  8. Courage
  9. Pride
  10. Anger
  11. Desire
  12. Fear
  13. Grief
  14. Apathy
  15. Guilt
  16. Shame

Urutan pertama merupakan Emosi Positif yang paling tinggi sedangkan urutan bawah merupakan Emosi Negatif yang paling tinggi.

HOW TREAT YOUR WORK ?

Ada 3 macam cara seseorang memperlakukan pekerjaannya yaitu

  1. As a Job
    Orang tersebut memperlakukan pekerjaan hanya pekerjaan saja, yang penting kerja.
  2. As a Career
    Orang tersebut memperlakukan pekerjaan sebagai peningkatan karir saja.
  3. As a Calling
    Orang tersebut memperlakukan pekerjaan sebagai suatu panggilan. Seolah-olah pekerjaannya bukanlah tugas/beban melainkan apa yang sangat disukainya. Level ini merupakan level tertinggi bagaimana seseorang memperlakukan pekerjaannya.  

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!