Kamar udah bersih trus meja udah rapih, tapi kok kuraang?

Sebagai seorang programmer yang kerjanya di komputer terus, kita punya dua workspace atau tempat kerja. Yang pertama workspace fisik dimana kita duduk dan kerja didepan komputer misalnya kamar, meja kerja, dll. Yang kedua adalah apa yang ada di dalam komputer kita misalnya berkas-berkas kerjaan, desktop, dll.

Nah, disini kita bakal coba menerapkan metode KONMARI yang biasanya digunakan untuk ngerapihin kamar buat ngerapihin komputer kita biar kita nyaman waktu kerja.


Bersihkan desktop kalian

Bayangin, kamar udah diberesin dan meja kerja udah rapi trus ini yang pertama kalian lihat waktu nyalain komputer. Waduh banget ga sih?

Hadeh, liat ginian langsun bete bawaannya

Berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti untuk membersihkan desktop kalian.

  • Jangan simpan FILE kalian di desktop! malah kalo bisa hide semua icon di desktop. Pake wallpaper yang simpel (Biar adem…).
Kalo bersih kan enak lihatnya 🙂
  • Instead, gunakan start menu/launchpad untuk membuka aplikasi dan gunakan semaksimal mungkin. Pin/favourite kan aplikasi yang penting menurut kalian, gunakan fitur search jika kalian ga menemukan aplikasi yang kalian cari.
Mengubah Start Menu Di Windows 10 Menjadi Full Screen
Jangan lupa pin/Urutkan Aplikasi yang menurut kalian penting di start menu.

Sortir file-file kalian

  • Kelompokkan file-file kalian dan taruh dalam satu folder. Supaya kalian gampang nyarinya dan terlihat rapi.
Folder kuliah, ya isinya file-file kuliah.
  • Bikin nama folder/file yang JELAS. Jangan bikin folder dengan “New Folder” gunakan nama yang jelas supaya kita tahu isinya apa.
Bikin nama yang jelas bos.
  • Hapus file ga penting. Ga cuma bikin penuh disk file ga penting juga bisa bikin struktur file berantakan dan kita jadi ga fokus. Mending hapus sadja
HAPUS PERMANENT 🙂

Bonus, Gunakan Dark theme

devRant - A fun community for developers to connect over code, tech & life  as a programmer
Kenapa programmer lebih suka pake dark theme? wkwkwkw

Yak… ini mungkin preferensi masing-masing orang sih, tapi dark theme terbukti ga bikin mata cepet pegel (Menurut gw haha, mari kita debat di kolom komentar).

Berikut contoh penampakan desktop gw yang SEEEMUUANYAA pake DARK THEMES

Lights can attract bugs haha

Nah, itulah beberapa tips supaya workspace kedua kita juga ikut bersih dan jadi nyaman kerjanya. Komen dibawah tips&tricks kalian dalam merapikan isi komputer 🙂 lesgoo

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!