Tujuan hidup adalah apa yang seseorang rencanakan untuk kehidupannya pada hari ini, esok hari, sebulan ke depan, setahun ke depan, bahkan beberapa tahun mendatang.

Tujuan hidup setiap orang akan berbeda sesuai dengan apa yang dia rencanakan. Untuk itu seseorang janganlah merencanakan Tujuan hidup yang direncanakan oleh orang lain, jika itu membuat tidak nyaman. Rencanakan tujuan hidupmu dengan yang kau inginkan.

Ada beberapa cara untuk mengetahui tujuan hidup yang mungkin bisa sesuai dengan yang kamu inginkan. Cara yang memudahkan mencari tujuan hidup seseorang :


1. Apa yang membuatmu bahagia?

Tanyakan pada diri sendiri, apa yang bisa membuat bahagia?. Dalam hal apapun berupa Fisik ataupun Materi, usahakan dalam hal yang positif. Jangan menuruti nafsu yang membuat bahagia dalam hal yang negatif. Karena, hal itu dapat merugikan diri sendiri ataupun lingkungan sekitar. Bingung untuk menentukan Hal yang dipikirkan termasuk hal positif atau negatif? Hal itu bisa ditanyakan kepada orang terdekat ataupun Orang Tua. Pikirkan kembali hal tersebut secara matang.


2. Apakah Hal yang Aku Lakukan Membawa Dampak Baik Bagi Orang Sekitar?

Kembali lagi pada hal pertama , renungkan atau bisa dengan tanyakan pada orang-orang terdekat. Hal yang akan dilakukan itu akan membawa dampak baik? atau malah membawa dampak negatif?. Jika membawa dampak baik , bisa dilanjutkan hal tersebut.


3. Hal Tersebut Pantaskah Untuk Dibanggakan?

Jangan memikirkan hal dengan jangka pendek. Pikirkan untuk Jangka panjang, misalkan dapatkah dibanggakan untuk diceritakan kepada anak-anak di masa depan? Dapatkah dibanggakan untuk diceritakan kepada Keluarga?. jangan melakukan yang membuatmu dipermalukan saat hal tersebut diceritakan.


4. Cari Inspirasi dari Orang yang Menurutmu Sudah Lebih Baik Hidupnya

Cobalah untuk melihat bagaimana orang lain menjalani hidupnya. Apakah mereka bisa meraih tujuan mereka? Bisa juga dengan kamu membaca buku, baik fiksi maupun biografi untuk mengumpulkan beragam inspirasi tentang hidup.

Jangan melakukan suatu hal karena gengsi

-Paul Graham-

“Lakukan apa yang memang kamu percaya”

 

Jadilah penentu impianmu sendiri

-Alain De Botton-

Sukses itu kamu yang definisikan sendiri

 

Untuk Terakhir:
Fokus pada Tindakan Tertentu yang dapat Membuat Kita Bahagia.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!