Pernahkah Anda merasa stres? atau gampang terdistraksi oleh suatu hal? atau bahkan susah untuk berfikir jernih?

Saya dulu sering merasakan semua yang saya sebutkan diatas dan saya bertanya – tanya kenapa dan apa penyebabnya. Ternyata setelah bertahun – tahun saya hanyut dalam kebingungan, saya akhirnya menemukan jawabannya yang saya baru sadari sekarang, yaitu dengan menerapkan metode KonMari.

Apa itu metode KonMari?

Menurut pemahaman saya, Metode KonMari adalah sebuah metode pendekatan minimalis untuk menangani benda – benda disekitar Anda berdasarkan kategori – kategori yang Anda tentukan. Dimulai dengan membuang semua atau sebagian barang yang menurut Anda mempunyai value yang sangat kecil atau bahkan tidak ada. Kemudian memilih – milih barang yang dapat memancarkan kebahagiaan bagi Anda saat Anda memegangnya atau bahkan hanya dengan melihatnya saja. Jadi intinya adalah kita buang barang – barang yang tidak mempunyai value dan kita simpan barang – barang yang mempunyai banyak value bagi kita.

Tujuannya adalah membawa suasana yang baik untuk kita dengan membuat lingkungan kita menjadi bebas dari kekacauan yang di bawa oleh barang – barang yang sudah tidak memiliki value itu. Jadi kita bisa lebih tenang dan tidak terdistraksi oleh barang – barang itu.

Ternyata dulu saat saya masih satu rumah dengan teman – teman saya, ada ritual bulanan yang dilakukan yaitu berberes – beres rumah bersama – sama. Kami mulai bersih – bersih, memilih – milih barang, sampai memindah – mindahkan barang sesuai dengan kategori yang kami sepakati, seperti misalnya tools dikelompokkan sesuai dengan kegunaannya sampai barang – barang pribadi dengan value masing – masing terhadap pemiliknya. Dan coba tebak apa yang terjadi setelah kami biasa melakukan itu semua? Kami jadi merasa lebih nyaman hidup disana dan kami pun jadi sangat jarang ada emosi. Padahal sebelum – sebelumnya, ada masalah sedikitpun kami mudah sekali tersulut emosi. Mungkin karena positive vibe yang dihasilkan karena penerapan metode ini sangat efektif untuk menekan tingkat stres dari kami dan kami merasa semakin tenang dan bahagia setelahnya.

Kalau Anda merasakan hal yang sama dengan saya atau kami, coba deh, lihat sekeliling Anda mulailah menerapkan metode ini. Saya yakin akan ada perubahan baik yang Anda rasakan !

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!