Semua atau setidaknya sebagian besar orang di dunia ini pasti punya tujuan hidup yang mereka pegang dan mungkin berbeda – beda antara satu orang dengan yang lainnya. Apa memiliki tujuan hidup itu penting?

Menurut saya, sangat penting. Mengapa? Karena dengan adanya tujuan hidup, kita punya alasan untuk terus hidup dan jika kita tahu bagaimana cara untuk menggapai tujuan itu, saya yakin kita akan lebih menghargai hidup kita, menjadi orang yang lebih baik lagi karena kita akan tahu, kita harus mewujudkan itu sebelum hidup kita berakhir.

Lalu, bagaimana jika kita belum menemukan tujuan hidup kita? atau belum menentukan tujuan hidup yang kita pilih?

Ada beberapa cara untuk itu, yaitu dengan melakukan hal – hal kecil seperti :

Introspeksi Diri : Dengan melakukan instrospeksi diri, kita bisa tahu apa yang kita bisa lakukan, kita bisa tahu sampai mana batas yang bisa kita capai. Coba deh, cari tahu apa sih sesuatu yang bisa kita lakukan untuk orang lain agar kita bisa menjadi lebih berguna atau lebih bermanfaat. Dan kalau pun kita merasa itu belum cukup, apa sih yang harus kita kembangkan agar bisa mencapai hal itu. Tidak perlu harus menjadi orang yang bisa melakukan apapun untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain, bahkan kontribusi kecilpun bisa berdampak besar bagi orang lain.

Membangun Relasi dengan orang – orang sekitar : Manusia adalah makhluk sosial pada dasarnya, yang berarti kita membutuhkan manusia lain untuk hidup. Coba berusaha membangun relasi dengan orang lain dimulai dengan orang – orang terdekat kita. Pengalaman – pengalaman yang unik yang bisa kita dapatkan dari orang lain akan membuka pikiran kita terhadap dunia ini dan bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk menentukan bagaimana kita memandang kehidupan dan bagaimana menjalaninya.

Pertajam rasa empati dan simpatimu : Saat kita bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, saya yakin akan ada dorongan untuk melakukan hal – hal baik untuk mereka, membantu yang membutuhkan misalnya. Perlahan itu akan membentuk suatu keinginan dalam diri kita untuk berkembang menjadi lebih baik. Dan saat kita mampu melakukan itu dan bisa membantu atau menolong orang lain yang membutuhkan, kebahagiaan akan muncul dalam diri kita. Kebahagiaan itu juga akan terus mendorong kita menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya dan saya yakin kita akan mendapatkan arti dari hidup ini dan kita akan menemukan tujuan kita hidup saat ini.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!