Setiap manusia memiliki tujuannya masing-masing. Apakah itu tujuan sebenarnya ? Berdasarkan KBBI, tujuan [tu.ju.an] berarti arah, haluan, maksud, tuntutan. Tujuan merupakan suatu hal yang akan dicapai oleh seseorang atau suatu perusahaan.

Tujuan, Emosi, dan Kinerja

Aktifitas seseorang sangat dipengaruhi oleh tujuannya. Apabila aktifitas tersebut sejalan dengan tujuan seseorang, maka dia akan dengan senang hati melakukannya. Lalu, bagaimana orang menentukan apakah tujuannya dan aktifitas yang dilakukan sudah tepat ?

Tujuan yang tepat, tergantung dari pikiran masing-masing. Dimana kita merasakan hal positif, disitulah tujuan kita. Hal ini dikarenakan kita akan dapat mengubah emosi menjadi hal yang produktif apabila yang kita lakukan kita sukai (positif untuk kita).

Berdasarkan materi pada Sharing Session “Find Your Purpose”, emosi seseorang mempengaruhi kinerja nya, seperti yang terdapat pada gambar di bawah,

level of consciousness ( https://www.dropbox.com/s/je25g7ea9c1ixb1/TGSI%20X%20BEON.pdf?dl=0 )

Gambar tersebut menunjukkan semakin suka / menikmati seseorang terhadap sesuatu, maka energi atau aktifitas yang dihasilkan akan semakin tinggi.

My Purpose

Bagi saya sendiri, apakah saya senang dengan apa yang saya lakukan atau kerjakan ? Saya sangat tertarik dengan mempelajari pemrograman dan kemajuan teknologi yang membuat pemrograman semakin menarik. Namun, ada beberapa hal yang membuat saya merasa masih ada tekanan saat menjalankannya.

Dari hal tersebut, saya berusaha memikirkan apakah masalah yang saya hadapi sebenarnya. Saat ini yang saya dapatkan adalah adanya tekanan dari beberapa dosen dan keluarga yang membuat saya merasa ditekan untuk dapat sebanding dengan orang lain. Dari sini saya merenung, untuk siapakah yang saya lakukan selama ini ? Nyatanya, ini semua untuk saya sendiri. Mau apa yang diharapkan oleh orang lain, belum tentu tepat untuk saya sendiri.

Saya akhirnya mencoba mengubah cara berfikir terhadap bagaimana progress dari tujuan saya. Tujuan saya adalah dapat memanfaatkan bahasa pemrograman yang ada untuk menyelesaikan suatu masalah atau kebutuhan. Progress dari tujuan saya saat ini saya lihat bukan dari membandingkan dengan orang lain, melainkan dari apakah yang saya ketahui semakin dalam, apakah pengetahuan saya semakin luas mengenai pemrograman itu, dan pemanfaatannya dibandingkan saya sebelumnya.

Harapan saya adalah saya dapat menerima apa yang saya ketahui saat ini, dan terus berusaha untuk tetap maju dan berkembang menjadi lebih baik

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!