Sering kali kita meninggalkan keadaan sekitar kita (meja, kamar, dan sebagainya) terlihat tidak rapi. Meskipun kita merapikan secara rutin, namun suatu saat akan kembali terlihat kurang rapi. Bahkan bisa sampai malas untuk bersih-bersih sampai akhirnya agar terlihat rapi dan terdapat banyak space, kita hanya menumpuk barang-barang di satu tempat saja.

Kebiasaan kita ini bukanlah sesuatu yang salah, tapi bukan berarti yang paling tepat. Apabila kita menggunakan metode Konmari, kita dapat membuat barang-barang menjadi rapi. Tidak hanya rapi, dengan metode Konmari kita dapat menjaga barang-barang jadi tetap rapi, sehingga tidak perlu bersih-bersih secara rutin yang keras, mungkin hanya perlu membersihkan debu, tanpa perlu merapikan barang kembali.

Konmari ?

Apakah Konmari itu ? Konmari merupakan suatu metode untuk berbenah secara total dengan acuan menyimpan barang yang memicu kegembiraan (Sparks Joy). Bagaimana maksudnya ? Jadi kita merapikan barang sedemikian sehingga tidak ada barang-barang yang tidak terpakai memenuhi ruangan tersebut.

Nilai – nilai Konmari

Dalam melakukan pengkategorian barang, Konmari memiliki 4 nilai yang perlu diperhitungkan, diantaranya adalah

  1. Fungsional : Apakah barang ini masih dapat digunakan dan dibutukan untuk kedepannya.
  2. Informasional : Apakah barang ini memberikan informasi yang kalian butuhkan, seperti buku panduan dan sebagainya.
  3. Sentimental : Barang yang berisi kenangan seperti album sekolah, hadiah sahabat, dan sejenisnya.
  4. Rarity : Barang yang langka, yang kita perlu usaha dan perjuangan untuk mendapatkannya seperti koleksi koin, tanda tangan artis, dan lainnya.

Manfaat Konmari

Dengan menerapkan metode Konmari ini, kita terbebas dari situasi berantakan yang tidak akan selesai-selesai. Metode ini juga membantu kita mengubah gaya hidup dan perspektif secara drastis ke arah yang lebih baik dan lebih produktif.

Pengalamanku sendiri dalam menggunakan metode konmari ini adalah saat merapikan meja belajar, yang sebelumnya pasti selalu tidak rapi. Sekarang dengan metode Konmari, mejaku menjadi rapi, dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jadi, untuk membantu kalian menjadi lebih produktif, gunakan metode Konmari sehingga kita dapat menggunakan barang lebih efisien dan efektif. 🙂

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!