Apakah kamu adalah tipe orang yang mengerjakan sesuatu yang justru tidak kamu sukai?

Apakah kamu memahami visi misimu sebenarnya?

Apa kamu mengetahui bakat kamu sebenarnya?

Hal ini sering muncul di benak dan mungkin juga terjadi dengan kita. Terkadang kita melakukan sesuatu yang justru tidak kita sukai sehingga mengerjakan hal tersebut secara tidak maksimal dan hasilnya juga tidak akan maksimal. Hm.. repot nih kalau keterusan. Apa sih penyebabnya?

Penyebanya bisa jadi adalah karena kita belum bisa memahami diri kita sendiri. Memahami visi dan misi dalam hidup kita dan mengetahui siapa kita sebearnya. Growth Mindset, Hal ini sangat perlu untuk dilakukan karena dengan memahami diri sendiri. Karena dengan begitu kita akan bisa menentukan visi dan misi untuk mewujudkan mimpi kita.

Dari sharing session yang saya ikuti di tempat magang, saya mendapat beberapa hal yang berkaitan dengan growth mindset yaitu berkaitan dengan seni mengenali diri (who I am?) dan juga apa masalah yang sering kita hadapi (whats my problem?) kita bisa mendapat jawaban ini melalui talk with your self.

Hal pertama yang kita tanyakan dalam mengenali diri kita sendiri yaitu

  1. Identitas kita: berbicara dengan diri sendiri merupakan upaya awal untuk growth mindset
  2. Status: sebagai seorang manusia kita perlu memahami peran kita di kehidupan sosial masyarakat
  3. Visi & misi : setiap orang pasti akan memiliki tujuan hidup dan bagaimana cara meraihnya, coba tanya diri sendiri deh, apa sih visi misi kita?
  4. Bakat : apa sebenernya yang kita sukai dan kita mampu melakukannya, jika sudah mengetahuinya maka kita perlu untuk mengembangkannya kearah yang lebih positif.
  5. Harapan: selain tujuan kira-kira keinginan terpendam dari lubuk hati kita itu apa sih yang mungkin belum kita sadari .

Dengan menanyakan 5 hal diatas kita akan mengetahui siapa diri kita sebenanya dan akan lebih semangat dalam menyusun rencana kedepan. Jangan mikir berat dulu, dicoba dulu deh…

Namun selain 5 hal tersebut ada lagi hal yang harus diketahui untuk growth mindset yaitu whats my problem atau hal yang terkadang menjadi masalah bagi kita, apa saja itu? Yuuk mari cari tahu…

  1. Rasa tanggung jawab: sebagian orang terkadang hanya berani berbuat tanpa berani bertanggung jawab. Jadi keduanya harus seimbang ya..
  2. Karakter: hal ini sulit diubah dari manusia, karena sudah medarah daging namun bisa diatasi dengan memahami karakter kita sebenarnya.
  3. Kebiasaan buruk: hal ini menjadi masalah ketika kebiasaan ini dapat menganggu produktivitas kita.
  4. Lingkungan : sebuah circle atau lingkungan juga berpengaruh dan bisa menjadi masalah ketika kita berada pada lingkungan yang tidak tepat
  5. Family dan,
  6. Teman. Nah.. dari nomor 5 dan 6 ini kita perlu memilah dan memilih mana yang menurut kita toxic atau membawa pengaruh negatif pada kita dan yang tidak. Karena teman dan keluarga adalah sesuatu yg tidak bisa dipisahkan dalam keseharian kita.

Dengan menggunakan who I am dan whats my problem kita dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan kita dan dapat berprogres serta mengembangkan diri kita. Menanamkan pada diri kita bahwa dengan semua yang kita miliki, kita tetap dapat berkembang dalam kondisi apapun.

Semangat…

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!