Setiap yang terlihat rapi pasti menenangkan
Konmari dalam proses pekerjaan.
Metode konmari sebenarnya tidak hanya aku terapkan di penataan rumah atau kamar saja, tapi juga aku terapkan di tempat kerjaku. Bahkan sampai apa yang aku kerjakan.
Sebagai informasi saja, tugasku adalah memastikan tidak ada masalah dalam operational kantor. Tentu operational kantor sangatlah banyak sekali, dan apa yang aku lakukan agar pekerjaanku lebih mudah dan menyenangkan? tentu aku perlu menghapus aplikasi yang tidak digunakan dalam operational kantor.
Hal ini akan menenangkan saya dan team saya, karena hal yang tidak digunakan tadi jika sudah permanen dihapus tidak akan mengganggu proses operational dalam kesehariannya. Sebaliknya jika aplikasi yang tidak digunakan dan tetap dibisa dijalankan dan tidak di maintenance, maka akan mudah di bobol oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Dan mengakibatkan tambahan pekerjaan, karena pasti akan berefek ke aplikasi yang lainnya, tentu itu yang tidak ingin diharapkan.
Sekian cerita penerapan metode konmari di proses pekerjaan, terima kasih.