Building Mindset

Setiap manusia pasti tumbuh dan berkembang. Secara fisik, kita akan tumbuh semakin tua. Namun tidak dengan psikis kita. Hal yang mempengaruhi seseorang apakah mereka dikatakan sudah dewasa atau belum tergantung dari psikisnya. Banyak orang-orang yang sudah dewasa secara umur, namun sikapnya masih kekanak-kanakan. Ada juga anak-anak yang masih di usia sekolah namun sudah bersikap dewasa.

Apa yang membuat seseorang itu terlihat dewasa atau tidak ? Berdasarkan sebuah situs web (https://www.idntimes.com/life/inspiration/sandinugraha/cek-5-tanda-yang-menujukan-kedewasaan-secara-emosional-c1c2), terdapat banyak hal yang menunjukkan kedewasaan seseorang dari psikisnya, diantaranya adalah :

  1. Mampu mengenali emosi yang dirasakan.
  2. Tidak menjadikan orang atau objek lain sebagai kambing hitam.
  3. Menerima masukan dan kritikan secara terbuka.
  4. Tidak membiarkan emosi tidak terkontrol.
  5. Tidak menggantungkan diri pada orang lain.

Seseorang dikatakan dewasa apabila mindset mereka tidak kaku. Seperti apakah mindset yang tidak kaku itu ? Mindset yang tidak kaku adalah mindset yang mau untuk berkembang dan berubah. Seseorang tidak akan menjadi semakin dewasa apabila dia tidak mau menerima perubahan yang terjadi di kehidupan.

Lalu bagaimana kita mengubah mindset kita agar mau berubah ? Sebelum itu, kita perlu mengenal diri kita. Mengenal dari sisi apa ? Kita harus tahu siapa kita, apa kelebihan kita, apa kekurangan kita, hingga visi misi kita selama hidup ini. Selain mengenal diri kita, juga perlu mengenal permasalahan apa yang ada di sekitar kita, mulai dari tanggungjawab yang dimiliki, kebiasaan buruk yang perlu dihindari, hingga masalah yang mengarah pada keluarga ataupun teman.

Setelah kita mengenal diri kita, maka saatnya kita mengubah… bukan mengubah visi dan misi kita, melainkan mengubah diri kita dari hal negatif. Bagaimana caranya ? Hal yang perlu kita lakukan mulai sekarang adalah :

Fokus

Kita perlu fokus akan visi dan misi kita, tinggalkan hal yang kurang berguna bagi kemajuan diri kita.

Belajar dari pengalaman orang lain

Pelajari pengalaman orang lain, sehingga apabila pengalaman tersebut positif, dapat kita contoh, sedangkan pengalaman buruk dapat kita hindari.

Belajar dengan mencoba

Coba, coba dan coba ! Jangan pernah takut untuk gagal. Pelajari apa yang bisa kau dapatkan dari kegagalanmu, dan jadikan pengalaman untuk kedepannya.

Menjadi Kreatif

Tumbuhkan rasa ingin tahu, dengan begitu kita dapat berinovasi dari pengetahuan yang telah didapat.

Menjadi diri sendiri dan berusaha bahagia

Ketahuilah diri kita masing-masing. Hindari bergantung pada orang lain dan mengikuti mereka begitu saja. Jangan lupa untuk tetap berusaha bahagia.

Lalu apakah dengan menjalankan semua hal itu kita sudah dewasa ? Hanya diri kita yang tahu apakah kita sudah dewasa atau belum. Oleh karena itu tetaplah pada pendirian kita masing-masing, dan terus maju ke depan !

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!