Setelah mengikuti training mengenai "GROWTH MINDSET" beberapa pekan yang lalu insight yang saya dapat adalah bahwa manusia mempunyai dua pola pikir yakni pola pikir statis (Fixed Mindset) dan pola pikir berkembang (Growth Mindset). Fixed Mindset adalah pola pikir yang mempercayai bahwa kecerdasan adalah bawaan, sedangkan Growth Mindset adalah pola pikir yang mempercayai bahwa kegagalan adalah sebuah tantangan untuk berkembang. Selama ini kita sering kali berpikir dengan pola pikir fixed mindset, menganggap kesuksesan orang lain karena orang tersebut memiliki kecerdasan dan itu sudah menjadi takdirnya. Kita lupa bahwa setiap manusia sudah dibekali akal dan pikiran yang sama oleh Sang Pencipta.

Disinilah growth mindset harus diterapkan. Stop menganggap diri kita tidak mampu meraih kesuksesan seperti yang orang lain peroleh. Kegagalan bukan akhir segalanya. selagi ada kesempatan jangan berhenti mencoba, jangan takut. coba dan coba lagi, tidak ada manusia yang luput dari kesalahan.

Jangan menyerah sekalipun kita terjatuh, jangan menganggap kita tidak mampu, jangan takut salah, karena semua itu adalah proses untuk diri kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Kita bisa belajar apapun, kita bisa tau apa saja yang kita ingin tahu dan kita bisa menjadi apa yang kita inginkan.

Mari rubah pola pikir kita, mari berubah ke arah yang lebih positif dengan menanamkan growth mindset pada diri kita.

 

KP-917F

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!