Halo Beonic Sekalian,

Kali ini aku akan coba berbagi pendapat tentang pemikiran Growth Mindset jika diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutku jika ngomong soal Fixed Mindset atau Growth Mindset kedua hal ini sebenarnya selalu kita lakukan. Tanpa memandang baik atau buruk, positif atau negatif.

Sebelum saya membahas Growth Mindset, Coba Jawab pertanyaan di bawah ini:

1. Jika kita ke sekolah kita akan mendapatkan?

2. Jika ingin mendapatkan uang maka kita harus?


Kebanyakan dari kita pasti akan menjawab 1. Ilmu 2. Bekerja iya kan?

Jika kita melakukan Fixed Mindset maka kita berpikiran tentang pemahaman yang menurut kamu standart atau tidak bisa diubah. Seperti pertanyaan yang saya ajukan di atas

Namun, jika kita berpikiran Growth Mindset maka kita berpikir sebaliknya, bahwa jawaban dari pengalaman belum tentu benar, Lalu kita akan mencoba untuk mengembangkan jawaban kita sebelumnya menjadi lebih baik.

Lalu apakah pemikiran Fixed Mindset selalu salah?

Tidak, Menurut saya pemikiran Fixed Mindset itu akan dibutuhkan jika kita berada di situasi yang membutuhkan jawaban atau penanganan cepat, seperti customer service yang memberikan jawaban ke pelanggan maupun penanganan pertama pada kecelakaan.

Namun akan salah jika diterapkan pada kegiatan yang bersifat penting dan membutuhkan kreatifitas seperti kegiatan kreatif & manajerial di perusahaan.

Untuk itu kita harus menerapkan Growth Mindset pada kegiatan yang mengharuskan kita untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda dan membutuhkan pemikiran yang ekstra.

Nah, untuk membiasakan & membentuk pemikiran yang Growth Mindset sebenarnya kita perlu beberapa hal ini agar kita terbiasa untuk melakukan hal-hal yang tidak biasa dan menghasilkan hal yang luar biasa juga, So let’s check it out


Mengetahui & Mengakui Kelemahan Diri Sendiri

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami diri dan belajar mengakui kelemahan diri sendiri. Karena dengan mengetahui kelemahan diri sendiri kita bisa melengkapinya dengan cara belajar ilmu tentang kelemahanmu, sekaligus kamu juga bisa menghargai keberadaan orang sehingga kamu mencari orang yang bisa mengerti dan memahami kekuranganmu.


Melihat Tantangan Sebagai Kesempatan

Setelah mengetahui dan mengakui kelemahan kamu, hal selanjutnya yang harus kamu tetapkan dalam hidup adalah melihat tantangan sebagai sebuah kesempatan. Karena dengan merubah sebuah tantangan


Tahu Cara Belajar dan menggunakannya sebagai strategi dalam belajar

Nah, apakah kalian sudah menemukan cara belajar yang paling efektif untuk diri kamu? Jika kamu sudah mengetahuinya kamu akan sangat mudah untuk belajar hal-hal baru dan menjadi orang yang lebih berkembang dari sebelumnya lho. Untuk mengetahuinya kamu bisa mengisi assessment ini


Prioritaskan belajar daripada meminta persetujuan

Untuk melakukan sesuatu kamu tidak harus ijin atau meminta persetujuan, malah ada yang memiliki prinsip ‘lebih baik meminta maaf daripada meminta izin’ dengan hal ini kamu bisa memiliki motivasi lebih untuk mencoba hal-hal baru tanpa terpaku pada prosedural yang ditetapkan oleh atasanmu lho sob!

Karena kenyataannya prosedur dan panduan akan membatasi akal manusia untuk berkembang, dan prosedur itu sendiri pada akhirnya akan kadaluarsa seiring perkembangan jaman.


Percaya bahwa proses tidak akan menghianati hasil

Pada kenyataannya orang hebat di luar sana sangat mementingkan proses & progress daripada apapun. Karena siapapun yang berproses akan berkembang dan bisa beradaptasi dari segala tantangan yang ada. Saya mungkin belum terlalu dalam mempelajari teori berproses, namun Video akan menjadi saksi atas keberhasilan seseorang dalam berproses dan berprogres


Membiasakan untuk mengetahui tujuan sebelum bertindak

Kita terkadang terlalu terbiasa untuk mengerjakan sesuatu sesuai KPI atau OKR, namun apakah kamu mengetahui tujuan kenapa kamu mengerjakannya? Apakah kamu tau dampak yang bisa kamu timbulkan dari apa yang kamu kerjakan?

Bekerja dengan mengetahui dan memahami tujuannya adalah syarat utama agar kamu bisa mencapai apapun yang kamu inginkan dan bisa mengetahui sampai sejauh mana apa yang kamu kerjakan bisa berdampak.

Belajar menerima & memberi kritik yang membangun

Mengkritik adalah hal yang sangat umum dilakukan oleh masyarakat indonesia, namun apakah kamu bisa melakukan kritik yang membangun membangun dan bisa merubah sesuatu yang kamu kritik sehingga bisa melakukan improvement?

Hal inilah yang mungkin harus kamu kendalikan dan mengetahui mana kritikan yang membangun dan mana kritikan yang hanya mencemooh. Kamu bisa mempelajari teknik belajar mengkritik yang baik di artikel ini

Selain itu kamu harus belajar untuk menerima dan bertindakan atas setiap kritikan untuk dirimu. Karena dengan menerima setiap kritikan dan menanggapinya secara positif kamu bisa melakukan improvement untuk diri kamu dan bisa menjadi pribadi yang selalu berkembang. Untuk mempelajarinya lebih dalam kamu bisa mempelajarinya di artikel ini


Merenungkan setiap tindakan yang terjadi setiap hari

Meskipun sepele, namun inilah yang bisa mempercepat perkembangan cara pikir kamu dan bisa membantu setiap pekerjaan yang kamu lakukan. Dengan merenungkan setiap kegiatan yang terjadi hari ini pada setiap malam, kamu bisa memperkuat daya pikirmu sekaligus kamu juga bisa belajar sesuatu dari apa yang kamu lakukan hari ini.

Dan bisa berbuat hal yang lebih baik lagi di keesokan harinya. Untuk memulai belajar untuk merenungkan setiap kegiatan. Kamu bisa mempelajarinya di artikel ini

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About Beon Angels

Angels tercantyc sekahyangan z:*