Skip to content

7 Cara Membangun Karir Sebelum Usiamu Masuk Kepala 3

Ada yang bilang, selagi muda lakukan apa yang bisa kita lakukan. Ya, salah satu yang menjadi goals setiap orang di dalam kehidupan mereka adalah membangun karir. Entah sebagai seorang profesional atau sebagai seorang enterpreneur. Setiap orang memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk bisa sukses dengan cara mereka sendiri. Termasuk melakukan banyak hal sebelum usia mereka masuk ke kepala 3.

Bahkan selagi kita merasa berjiwa muda, rasanya banyak hal yang tidak mungkin tidak ingin kita coba di dalam hidup. Mengikuti kata hati atau mengikuti trend yang sedang gencar-gencarnya membarakan semangat kita. Apapun sumbernya, setidaknya selagi bisa kita harus benar-benar melakukan sesuatu agar karir impian kita pun bisa tercapai. Apa saja itu?

1. Cari tempat yang memberimu ruang berkembang

Tak mengapa jika tempatmu bekerja bukanlah sebuah perusahaan ternama yang banyak diincar oleh orang kebanyakan. Bahkan tidak jadi masalah saat kamu memilih untuk membangun tempat kerjamu sendiri selagi teman-temanmu mondar-mandir di kantor puluhan lantai dan menggunakan lift sebagai alat bantunya. Yang kamu butuhkan hanya satu, yaitu tempat yang memberimu ruang untuk berkembang.

Salah satu tujuan bekerja memang mencari uang, mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk memupuk tabungan masa depan. Tapi apakah benar-benar hanya itu yang kita cari? Jelas tidak. Sebab selagi kita masih diberi kesempatan untuk bekerja dan mencoba, maka belajar dan mengembangkan diri menjadi salah satu yang harus terus dikejar. Maka, carilah tempat kerja yang memberikanmu kebebasan untuk belajar hal baru. Tidak hanya mengerjakan ini dan itu sampai kamu lupa jika ada hal yang sangat ingin kamu lakukan.

2. Carilah mentor yang bisa membimbingmu

Setelah kamu mendapatkan tempat yang bisa memberikanmu kesempatan untuk belajar banyak hal, maka inilah saatnya kamu juga mencari mentor yang bisa membimbingmu. Tentu saja banyak hal baru yang sangat ingin kamu lakukan. Tapi kamu pun sangat baru dalam melakukannya. Jangan ragu untuk meminta seseorang yang lebih ahli untuk membimbingmu dan membantumu belajar. Dari mereka yang memiliki pengalaman, kamu bisa lebih tahu harus berbuat apa.

Sama halnya dengan saat kamu mencari mentor untuk membimbingmu belajar. Suatu hari nanti, saat kamu berhasil mencapai karir impianmu, maka kesempatanmu untuk berbagi menjadi semakin luas. Saat kamu sudah mendapatkan bukankah yang harus kamu lakukan adalah memberikan hal yang sama? Ya, kamu pun bisa menjadi mentor bagi orang lain. Tidak ada batasan ilmu bahkan usia seseorang bisa menjadi mentor. Bahkan saat kamu memberikan ilmu kepada orang lain, di sanalah ilmu yang kamu dapatkan menjadi lebih berkah dan tentu saja akan membuatmu semakin tahu.

3. Jangan hanya menunggu, jemput ilmu tanpa ragu

Jika kamu sudah bisa memastikan, tempatmu bekerja sudah menyediakan mentor bagimu. Tapi jangan puas dengan itu. Selagi muda, kamu berhak untuk mencari ilmu dimanapun dan kapanpun kamu mau. Menjemput ilmu tidak terbatas hanya di dalam kantor saja. Saat kamu diberi tawaran untuk mengikuti sebuah pelatihan, seminar atau kegiatan luar kantor lainnya, maka terimalah. Bahkan jangan ragu untuk mengajukan jika kamu menemukan program yang membuatmu menjadi lebih berilmu.

Ini kesempatanmu untuk mendapatkan ilmu baru dari orang-orang baru. Bahkan saat tidak ada yang mengantarkan ilmu tersebut, kamulah yang harus menjemputnya. Seiring dengan impian karirmu di masa mendatang. Semakin kamu memiliki ketertarikan untuk menjadi lebih tahu, maka semakin agresif kamu dalam mencari ilmu.

4. Pergi traveling bukan hanya untuk hiburan, kumpulkan pengalaman

Salah satu yang tidak boleh kamu lupakan saat bekerja adalah beristirahat dan menikmati waktu berlibur. Kebanyakan karyawan atau para pekerja akan memilih untuk berlibur di pantai atau bahkan luar negeri untuk sejenak melepas penat. Tapi sesungguhnya, ada banyak hal yang bisa didapatkan selain melepas penat dari beban pekerjaan yang tidak ada henti-hentinya.

Saat kamu traveling atau berlibur, jangan lupa dengan pengalamanmu. Menjelajah tempat baru, bertemu orang baru, mendengar cerita dari daerah setempat bahkan siapa tahu akan ada peluang bagimu untuk mengembangkan diri di tempat itu. Ya, berlibur bukan hanya tentang hura-hura dan kesenangannya, tapi juga menikmati perjalanan dan mengambil banyak pelajaran untuk membantumu berkembang.

5. Cobalah banyak hal baru, meski berbeda & tidak mudah

Jiwa muda memang penuh dengan semangat membara untuk melakukan banyak hal baru. Tapi saat hal itu berbeda dari apa yang kebanyakan orang lakukan, kita akan merasa kecil dan aneh secara bersamaan. Sehingga kita pun akan mundur dan enggan melakukannya. Hal ini sama saja bahwa kita sudah melewatkan kesempatan penting di dalam hidup kita.

Tenang saja, berbeda tidak membuatmu berdosa dan salah. Selagi kamu yakin apa yang kamu lakukan adalah hal baik, maka lakukan saja. Kamu hanya perlu berani tampil berani diantara mereka yang memandang perbedaan itu hal yang salah. Tentu saja yang kamu lakukan sudah sangat luar biasa. Selagi kamu bisa, membangun karir dengan cara yang berbeda bisa jadi hal yang membantumu untuk bisa lebih sukses.

6. Jika kamu merasa gagal, jangan jadikan menyerah sebagai pilihanmu

Orang sesukses Mark Zuckerberg bukanlah sosok yang sekali mencoba langsung bisa menciptakan Facebook seperti saat ini. Bahkan setelah Facebook sukses pun ujian yang ia hadapi semakin besar. Namun dengan semangat dan tujuan yang ia genggam, Mark akhirnya tetap bisa bertahan dan menjadi salah satu orang yang menginspirasi bagi banyak orang sampai saat ini.

Begitulah setidaknya yang harus dilakukan oleh kita sebagai generasi muda. Memiliki semangat yang sangat luar biasa besar untuk mencoba dan melakukan banyak hal meski kita tahu hal itu tidaklah mudah. Kita tentu akan menghadapi kegagalan saat menjalani karir. Seolah tidak mungkin untuk mencapai karir impian kita. Tapi apakah kita harus menyerah begitu saja? Tentu saja tidak. Jangan jadikan menyerah sebagai pilihan dalam berjuang. Jika dirasa masih bisa diperbaiki, maka segera perbaiki setiap kesalahan yang pernah kamu perbuat. Jangan menyerah dan memutuskan untuk mundur ya.

7. Bersyukurlah!

Yang paling penting adalah bersyukur. Kamu boleh terus berusaha dan memupuk ambisi untuk sukses. Tapi saat kamu lupa untuk bersyukur, maka semua yang kamu lakukan seolah tak menghasilkan apapun. Ingat, kamu sudah berjuang sangat keras. Di sanalah kamu juga harus memberikan apresiasi terbaik untuk dirimu sendiri. Salah satunya bersyukur.

Berterima kasihlah kepada diri sendiri karena kamu telah berjuang sangat keras. Terima kasih karena kamu sudah berani melalui ujian yangada di depanmu. Dan berterima kasilah untuk tidak pernah menyerah selagi kamu bisa berjuang untuk hidupmu. Karir adalah impian setiap orang. Tapi hanya mereka yang tahu rasa syukurlah yang akan merasakan hasil terbaiknya.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About Beon Angels

Angels tercantyc sekahyangan z:*

4 Comments

  1. Ranggi Ramadhan on 6 December 2018 at 06:42

    Terimakasih sharingnya nelsi.
    Semoga lancar sampai hari H 😆

  2. Ilham Akbar on 19 December 2018 at 07:04

    artikel ini membuat ku seketika berpikir jauh kedepan tentang masa depan wkwkwk. mantul mbak nels

  3. Sonia Cynthia on 26 December 2018 at 12:53

    Terimakasih ilmunya mbk, sangat bermanfaat🙏🏻

  4. Syahrul Munir on 28 December 2018 at 09:20

    😊

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.

Scroll To Top