Source : Pinterest

Halo temen-temen mau dong aku sharing sedikit tentang ber-KONMARI. Apa sih KONMARI itu ? Ada gak diantara kalian yang sudah dengar atau mungkin melakukannya? Kalo sudah share juga dong cerita kalian ehe 😀

Jadi KONMARI itu artinya berbenah atau metode merapikan rumah.Metode KONMARI ini terdapat pada buku yang di tulis oleh Marie Kondo yang berjudul “The life-changing magic of tidying up”. Aku tau KONMARI itu dari sharing session di youtube BEON yang dibawakan oleh kak Elsi. Dari situ aku terbuka banget pikiranku karena kak Elsi memberikan teori sampai memberikan contohnya. Awalnya sih sedikit kaget, masa berbenah aja pake metode, tapi ketika mengetahui metodenya dan mempraktikkannya sungguh dampaknya sangat berbeda dari berbenah pada umumnya.

Dari sharing session tersebut ku pikir-pikir aku adalah salah satu orang dari sekian orang-orang (hehe) yang konsumtif apalagi dalam urusan pakaian dan buku. Aku itu orangnya suka banget mix and match baju dan lumayan mengikuti trend hmm.. apalagi kalau sudah mendapati diskon kalap abis entah pakaian ataupun buku. Saat membeli baju aku jarang banget yang namanya berfikir itu kebutuhan apa hanya keinginan saja, Setelah membeli baju tersebut hanya di pakai beberapa kali saja dan tetap kembali ke pakaian yang biasanya dipakai. Jadi kalau kata kak Elsi kita itu harus membayangkan dulu rumah/hunian impian kita seperti apa, setelah itu mencoba mensortir barang-barang yang ada dirumah dan mulai merapikannya.

Nah ini pengalaman dan contoh kecil yang udah aku terapin yaitu masalah membereskan pakaian. Awalnya aku memilih dan memilah pakaian yang sering aku gunakan untuk keluar maupun untuk dirumah. Setelah mensortirnya ternyata banyak pakaian yang jarang banget aku pakai daripada yang biasanya aku pakai, dan setelah ku pikir-pikir aku membeli pakaian yang jarang aku pakai tersebut hanya karena kalap semata. hmm.. siapa diantara kalian yang sama kaya aku ? hayo ngaku! ckckckck.. Dan akhirnya aku jual deh di CFD baju-baju yang sekiranya udah gak aku pakai ataupun jarang pakai agar tidak memenuhi space rumah. Oiya satu lagi nih menurut kak Elsi ada juga teknik / cara dalam melipat dan merapikan baju loh.. seperti gambar yang aku cantumkan di bawah ini kita melipat agar bisa dengan keadaan berdiri agar kalau kita mengambil salah satu baju tidak memberantakan yang lainnya dan kita bisa memakai baju secara bergantian.. ibarat kata tidak ada baju yg gapernah dipakai dan tertimbun di almari seperti contoh dalam melipat dengan metode bertumpuk-tumpuk itu akan memberikan peluang baju yang bawah sendiri jarang atau bahkan tidak pernah dipakai tetapi mengurangi space almari, begitu… selain itu menata sesuai warna itu juga penting, karena untuk memudahkan kita dalam match kan outfit yang mau kita pakai.

Menurut aku manfaat dari melakukan hal tersebut sekarang aku mulai menerapkan hidup minimalis untuk diriku sendiri seperti halnya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan saja dan berfikir berulang-ulang sebelum membeli barang tersebut. Hayoo siapa dari kalian yang tertarik untuk melakukan KONMARI? Yuk share cerita kalian karena #SharingisCaring hehe

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About Beon Angels

Angels tercantyc sekahyangan z:*