Pernah gak sih kalian merasa umur segini, tapi masih merasa galau, merasa yang lagi kita jalanin ini bukan diri kita yang sebenarnya, atau berfikir bahwa apakah kita akan mengerjakan hal ini untuk sementara atau sampai tua nanti? Intinya galau, gatau mau dibawa kemana.

Pasti kalian udah familiar dong, sama narasi “kalo kita udah dewasa, kita harus mengerjakan hal yang kita suka”. Bahkan banyak orang yang umurnya sudah dewasa, mereka masih belum tau sebenernya hal yang mereka suka itu apa.

Contoh aja nih, mungkin kalian suka musik, suka nyanyi, dan kalian bisa melakukannya. Tapi apakah kalian komit untuk menjadikan musik ini sebagai jenjang karir kalian? Belum tentu! Mungkin it did bring happiness at some point, tapi gak semua orang yang suka musik ini mau menjadikan musik ini sebagai jenjang karirnya atau bekerja di bidang musik sampai tua.

Atau ada contoh lain nih, yang lebih sering terjadi di lingkungan kita. . Idealnya kita udh harus tau passion kita dimana, setidaknya saat kita mau kuliah, kita harus menentukan bidang apa yg mau kita pilih, karna kata orang2 pekerjaan kit aitu harus sesuai atau relate sama jurusan kita.

Misalnya ada anak SMA yang baru lulus, dia pintar secara akademis, tapi dia gak tau dia suka hal apa secara spesifiknya, dia cuma tau dia suka sama bidang sains, akhirnya dia daftar kuliah terus pilih jurusan kedokteran, karna mungkin prospek kerjanya jelas, cuannya banyak, plus jadi idaman mertua juga. Saat dia kuliah, oke dia bisa mengikuti pelajarannya, tapi dia gak suka sama bidang kedokterannya, karna yang dia tau dia suka sama sains, bukan spesifik ke kedokteran. Dia bisa kerja, menghasilkan uang, yes its financially promising, tapi gak sehat juga karna dia ga melakukan hal yang dia suka, dia cuma memenuhi kebutuhan orang lain dan dia dibayar.

That’s why banyak orang yang struggling sama kuliah yang dia pilih bukan berdasarkan passion, mereka merasa salah jurusan, merasa “ini bukan gue banget”, dan banyak hal yang ga dimengerti, dan itu sangat sangat challenging. Karna mau gamau kita harus lakuin, meski kita gak suka

Tapi dunia ga selalu selaras sama teori, teorinya adalah kita harus melakukan hal yang kita suka, tapi akan ada masa masanya kita harus menyukai apa yang kita lakukan, yaa kasarnya rajin pedekate! Kita harus cari dimana sih sisi yang bisa bikin kita jatuh cinta sama bidang ini?

Selain kita suka sama bidangnya, kita harus tau apakah passion ini bisa dijadikan career apa engga, apakah kita bisa melakukannya, apakah orang lain membutuhkan passion kita ini atau engga, apakah kita bahagia melakukannya dan apakah kita mau melakukan bidang ini nanti kita udah pensiun? Nah ini yang dinamain IKIGAI.

Mengejar passion tuh gak cukup, dan passion itu bisa jadi ga hanya satu bidang. It can actually means anything, passion itu bisa dateng dari hal kecil yg kita lakuin secara ga sengaja. Contohnya, bikin video2 gabut di hp, tau-tau bisa jadi vlogger terkenal yang ngasih liat kesehariannya di youtube.

Kalo kita hanya mengerjar passion yg sebenernya bisa berubah-ubah, terus kita mungkin memiliki definisi passion yg sempit, terus kita gapunya mission di dalamnya, sekalinya kita nemuin passion itu kitaa akan merasa ga berguna. Tapi kita gabisa cuma fokus sama passion dan mission, kita juga harus realistis bahwa mau gamau hidup itu butuh uang.

Kita kerjain yang kita suka, kita tau harus kerjain apa dibidang ini, tapi passion dan mission ini gak dibutuhin orang, atau gapunya daya jual, ya kita susah untuk menjadikan passion ini sebagai sumber cuan. Begitu juga kalo kita fokus sama vocation, kita tau yg dunia butuhin, dan kita bisa melakukannya, tapi kita ga suka, tetep aja rasanya hampa. Kita punya duit secara finansial tapi hati kita ga bahagia.

 

Terus gimana biar kita tau ikigai kita?

Coba banyak hal, karna sering kali kita gak kenal sama diri kita, dan sering kali kita hidup hanya untuk memuaskan orang lain, ngikutin pola yg udah ada, akhirnya kita gatau sebenernya preferensi kita apa, kita suka apa, kita gasuka apa, kita maunya apa dan yang kita gamau itu apa.

Selain itu, jangan takut nyoba hal yg kita gak suka, karna terkadang melakukan hal yang diluar comfort zone kita itu bisa mendewasakan diri kita sendiri. Karna kalo kita cuma ngerjain hal yg kita suka, ngerjain yg familiar, yg nyaman, kapan kita bisa berkembang?

Jangan takut untuk menata hidup sendiri. Banyak orang yg udah tau mau ngelakuin apa tapi mereka takut untuk take some action, entah itu karna takut durhaka sm orang tua, takut judgement lingkungan, takut konsekuensi, takut gagal, intinya takut.

Mencari ikigai itu membutuhkan some kind of self love, kita butuh depens sm diri sendiri karna yg jadi tour guide ya kita sendiri. Berdamai sm diri sendiri. Mungkin kalian lihat orang orang sukses di sosial media, ya mereka juga sama seperti kita. Mereka punya perjalanan hidupnya masing-masing, pernah jatuh berkali kali sebelum berdiri kokoh seperti sekarang, mungkin kita gak lihat hal-hal yang pahitnya karna buat apa juga, everyone loves positive things. Intinya jangan putus asa mencari ikigai untuk hidup yang lebih baik dan bahagia ya!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!