Pernah denger gak sih istilah Konmari Method? Atau pernah denger orang bilang “gue mau beres-beres pake metode konmari ah!” Konmari Method ini dipelopori oleh seseorang yang bernama Marie Kondo, nah dia ini adalah penulis buku, juga konsultas beres-beres yang dinamai Konmari Method.

Konmari method adalah sebuah gaya hidup dan cara berpikir yang mendorong seseorang untuk menghargai hal-hal kecil sehingga mendatangkan kebahagiaan dalam hidup.  Jadi prinsip beres-beres dengan metode konmari ini adalah barang-barang yang memancarkan kebahagiaan dalam hidup kalian alias “Spark Joy”.

Mungkin buat sebagian orang yang namanya bebenah tuh rasanya males banget, dan mungkin kedengarannya sepele, tapi kalo kita kerjakan dengan benar bisa merubah hidup. Prinsip konmari sendiri adalah:

  1. Short by category
  2. Choose thing that spark joy
  3. Semua benda ada pada tempatnya
  4. Bebenah cukup sekali

Kuncinya “does it spark joy?”

Mungkin dari kita sudah ada yang menerapkan metode Konmari ini secara tidak langsung, kalo aku pribadi sih aku suka ditanyain mama kalo mama lagi beres-beres baju, kaya “Kamu masih suka barang ini gak? Masih mau dipakai atau mau dibuang/dikasihkan aja?”, secara ga langsung mamaku udah menerapkan metode konmari ini yaitu mensortir barang yang tidak spark joy.

Cara bebenah yang efektif adalah, visualisasikan gaya hidup kita, dan ubah mindset kita buat mencapai visualisasi itu. Contohnya, aku suka tanaman, jadi aku mau kamarku banyak warna hijaunya atau dikasih hiasan kaya tanaman gitu supaya kelihatannya hijau dan segar. Kalo udah dapet visualisasinya, catet atau gambar di kertas biar gak lupa!

Secara gak langsung hal yang kaya gini melatih otak kita buat set sesuatu yang kita pengenin, dalam aspek kehidupan lainnya, bukan cuma beres-beres, dan kita jadi punya jawaban terhadap diri sendiri mengenai apa yang kita pengenin.

Selain itu, hargain passion kita sendiri. Passion itu nyawa kita, ngelakuin sesuatu yang kita suka itu bikin kita tetep happy, walau misalnya kita kerja gak sesuai passion, cuma nyari cuang doang nih, jangan sampe passion kita disentuh sama sekali! Lakuin sesekali, supaya kita tetep happy.

Pengalaman aku sendiri dalam melakukan konmari ini adalah bersihin jerawat di muka. Kedengerannya sepele sih, tapi buat aku itu adalah sebuah pencapaian, dan secara gak langsung aku menerapkan metode konmari ini. Goals aku adalah punya muka yang mulus gaada jerawat sebelum wisuda SMA.

Mulai dari nyortir, aku nyari tau kenapa mukaku bisa jerawatan, ternyata itu karna aku ga cocok sama produk skincare yang mengandung vitamin C, akhirnya aku sortir lah skincare yang mengandung vitamin C ini buat aku buang, soalnya udah ga kepakai, ga cocok lagi.

Akhirnya aku ganti ke produk skincare yang aku cocok, dan ternyata wajahku ada perkembangan, mulai mulus dan mulai membaik. Karna ada progress, aku jadi makin semangat buat skincare-an demi mencapai goalsku, yaitu punya muka mulus waktu wisuda SMA.

Intinya set goals, ubah mindset kalian, inget visualisasi kalian, tujuan kalian, supaya kalian bisa sukses dapetin hal yang kalian pengenin!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!