Mungkin rekan-rekan beonic masih ingat mengenai KONMARI.. yaa teknik berbenah dari Jepang yang di boomingkan oleh Marie Kondo, mungkin tulisan saya ini bisa dibilang latepost..hehhe tak apalah dari pada tidak sama sekali..:)

Hal pertama yang saya lakukan saat mempraktikan teknik konmari ini adalah mulai dari membereskan kamar tidur ketika bangun, dan selalu menjaga kerapian isi lemari saat mengambil baju yang akan dipakai.

Untuk melakukan KONMARI menurut saya membutuhkan kedisiplinan dan konsistensi. Karena jika kita tidak konsisten dan disiplin maka apa yang telah kita lakukan akan sia-sia karena rapinya hanya bersifat sementara.

Teknik KONMARI yang telah saya lakukan ketika membereskan isi lemari adalah:

  1. Mengeluarkan seluruh isi lemari baju.

Mulai dari nol ya itulah yang saya lakukan, mengosongkan isi lemari, untuk memulainya memang membutuhkan tekad yang kuat, karena jika tidak maka proses beres-beres ini akan berhenti di tengah jalan.

2. Menyeleksi baju yang sudah tidak terpakai.

Saat isi lemari sudah kita kosongkan, nah saatnya kita memilah mana baju yang masih terpakai dan mana yang hampir tidak dipakai, nah kita harus merelakan baju yang jarang sekali tidak kita gunakan untuk kita seleksi dan tidak kita kembalikan ke dalam lemari.

3. Merapikan susunan baju berdasarkan kategori baju.

Setelah mengeluarkan seluruh isi baju dan sudah kita pilah yang tidak terpakai, saatnya mulai merapikannya dengan menata baju-baju tersebut berdasarkan kategori dan warnanya, mana baju yang digunakan untuk sehari-hari, baju yang digunakan untuk resmi, baju yang digunakan untuk ke kantor dsb.

4. Mengurangi pakaian yang digantung.

kebetulan lemari yang saya punya adalah lemari dua pintu yang sebelah untuk baju lipat, dan  yang satunya untuk lemari gantung, ternyata pada lemari gantung saya banyak baju baju yang jarang sekali tidak terpakai alias sudah tidak muat lagi..hehehe..maka mau tidak mau saya harus mengeluarkannya.

5. Menguatkan hati.

Bulatkanlah Tekad untuk menyisihkan baju yang sudah tidak kita gunakan, ya... meskipun dengan berat hati kita harus benar-benar bisa mengeluarkannya dari lemari kita, dari pada baju itu menggantung di lemari lebih baik jika baju tersebut kita berikan kepada orang lain yang membutuhkan, sapa tau baju tersebut lebih bermanfaat ketika dikasihkan ke orang lain..

Begitupun juga untuk sepatu dan barang-barang lain yang sudah tidak saya gunakan, capek..ya  memang beres-beres itu capek tapi hasilnya.. woww amazing, lemari tertata rapi, rumah terlihat bersih yang penting kita merasa nyaman saat di dalamnya. Thanks konmari..berkat teknik ini isi lemari saya  lebih rapi dan rumah terlihat bersih..:) dan semoga saya bisa selalu melakukan konmari secara konsisten, supaya isi lemari saya selalu rapi dan tidak berantakan 🙂

 

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!