Otak kita mempunyai 3 jenis intelegen: IQ,EQ, dan SQ. Jenis intelegen yang paling sering digunakkan manusia adalah IQ dan EQ.

IQ = merupakan kecerdasan berfikir secara rasiona

EQ = merupakan kecerdasan perasaan atau emosi penerimaan diri seseorang.

SQ = kecerdasan jiwa atau spiritual yang dimiliki masing masing individu

Banyak orang yang salah kaprah mengenali emosi yang terdapat pada dirinya, daripada menahan emosi, seharusnya seseorang memproses emosi tersebut. Emosi sebenarnya memberi manfaat bagi kita.

Manfaat yang kita peroleh ketika kita berhasil memproses emosi adalah kehidupan pribadi diri dan pekerjaan pribadi kita dapat terbantu juga. Namun, emosi yang diperoleh harus emosi positif, emosi merupakan energi yang bergerak. Emosi tidak dapat diciptakan dan dihancurkan tetapi energi dapat disalurkan atau berpindah tempat.

Jika kita memiliki emosi negative, maka lingkungan di sekitar kita akan negatif juga, begitupun sebaliknya jika kita memiliki emosi yang positif maka lingkungan di sekitar kita menjadi positif juga, lebih baik jika kita memiliki emosi negatif, jangan dilampiaskan kepada orang lain supaya tidak memperburuk keadaan.

Jika kita merasa emosi negatif menempel pada diri kita, sebaiknya kita mengatasi masalahdiri sendiri dulu, menerima keadaan diri, dan berusaha untuk mencintai diri sendiri.

Oleh karna itu, ketika kita memiliki masalah, emosi pada diri yang melekat adalah emosi negatif, lebih baik jika kita mengubah emosi tersebut menjadi emosi positif dengan cara melakukan meditasi.

Contoh kecilnya adalah jika kita sedih terus menerus, susah untuk berfikir positif, selalu merasa keadaan tidak berpihak pada kita, merasa kita menyebalkan untuk orang lain, bisa jadi karna kita memancarkan emosi negative, maka kita harus mengubahnya menjadi emosi positif.

Setelah menonton sharing session, saya menyimpulkan bahwa tujuan saya kedepannya adalah dalam mengatasi masalah saya akan mengatasi masalah yang ada pada diri saya terlebih dahulu, lalu saya mengatasi masalah yang ada di sekitar saya. Karna sehat mental dan hati itu juga penting, juga saya berusaha mencintai diri sendiri.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!