Haiii..mommy mommy keceee,, apakah mommy mempunyai balita yang  mengalami kesulitan untuk  minum obat?? Saya sering sekali mengalami hal ini, yukss mom simak beberapa tips dari saya yang mungkin bisa membantu mengatasi hal ini.

Mengatasi anak yang susah minum obat memang membutuhkan kesabaran yang extra, karena beribu alasan akan dia lakukan agar tidak meminumnya.

Mulai dari menangis, berlari ke sana ke sini dan memuntahkan obat yang diminumnya

Mommy kece saya ada sedikit tips yang saya sendiri sudah mempraktikkannya kepada anak saya.

Langkah pertama yang mommy mommy kece wajib lakukan adalah:

  1. Memberikan Pengertian Kepada Anak

Berikan Pengertian tentang manfaat obat kepada anak, berikan penjelasan yang mudah dimengerti untuk anak,

Nah disini kita harus kreatif mom untuk memberikan penjelasan mengenai manfaat obat buat anak kita melalui cerita-cerita yang ia suka.

Misalkan Anak Kita sedang sakit dan harus minum obat. Nah kita berikan gambaran kepada mereka bahwa  obat itu banyak mengandung bakteri baik, sedangkan tubuh nya yang sakit saat ini sedang diserang bakteri jahat,

Bakteri jahat itu seperti monster yang harus dimusnahkan sedangkan bakteri baik adalah super hero yang akan  membasmi monster-mosnter jahat.  Biasanya anak akan mulai mengimajinasikan cerita tersebut ke dalam pikirannya.

Nah memberikan pengertian dengan cerita ilustratif yang mudah dimengerti oleh anak akan membantu mereka untuk memahami manfaat obat itu sendiri.

Krena mereka menanggap bahwa superhero akan menyelamatkan dirinya dari monster Jahat.

2. Membujuknya dengan memberikan sesuatu yang mereka sukai.

Ketika kita sudah memberikan pengertian kepada anak, langkah berikutnya  berikan imin-iming sesuatu kesukaannya, misalnya jika kamu mau minum obat maka kita akan pergi jalan-jalan, atau dengan memberikan sesuatu yang dia sukai dan tentunya tidak tidak berlebihan.

3. Alihkan dengan melihat tayangan televisi kesukaannya.

Ketika anak sedang asyik melihat tayangan televisi kesukaannya mereka akan fokus kepada tayangan tersebut, sehingga ketika kita menyelipkan obat di tengah-tengah dia makan saya rasa cara itu cukup berhasil. mereka tidak kan merasakan rasa obat karena fokusnya bukan pada apa yang masuk ke mulutnya tetapi pada acara televisi.

4. Bermain dokter-dokteran

Ajaklah anak untuk bermain dokter-dokteran perankanlah peran anda dengan menjalankan bonekanya menjadi pasien dan anak anda sebagai dokternya. Permainan ini merupakan permainan roleplay yang cukup baik menurut saya karena permainan ini akan melibatkan anak untuk mengambil keputusan, sehinga ia bertindak secara sukarela dan bukan tanpa paksaan.

Dan Yang terakhir Mom jangan lupa memberikan mereka pujian ketika mereka sudah mau minum obatnya.."wahhh kamu hebaattt kamu sudah mau minum obat, sebentar lagi pasti kamu akan sembuh"..:)

Itulah sedikit tips dari saya yang berhasil membuat anak saya mau untuk minum obat, memang sedikit dibutuhkan kesabaran untuk membuatnya pecaya dengan apa yang kita katakan kepada mereka. Semoga tips ini juga bisa bermanfaat unutk mommy-mommy kecee yang Lainnya..selamat mencoba..

 

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!